Spirit Untamed, Animasi Relasi Kuda dan Gadis Cilik

MUS • Friday, 11 Jun 2021 - 14:26 WIB

Genre: Animasi
Sutradara: Elaine Bogan
Pengisi suara: Isabela Merced, Julianne Moore, Jake Gyllenhaal.
Distributor: Universal Pictures
Durasi: Hampir 1,5 jam
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 9 Juni 2021

Kuda liar mustang berkulit emas bak rusa, bernama Spirit, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002 dalam nominee Oscar "Spirit: Stallion of the Cimarronon". Penonton cilik terpesona dengan visualisasinya dan narasi yang kuat. Rumah produksi Dreamworks menggalinya lebih dalam sehingga dikenalkan kembali lewat TV series di Netflix "Spirit Riding Free". 

President DreamWorks Animation Margie Cohn mengungkapkan, karakter Spirit merupakan kesempatan meraih khalayak anak maupun remaja perempuan. Menurutnya, ada kekosongan ruang bagi seri petualangan bagi putri-putri kita. "Penonton haus akan cerita persahabatan dan keberanian di mana perempuan bisa menjadi pintar, mereka bisa melakukan hal yang benar dan begitulah cara mereka menang," kata Cohn. 

Itulah prinsip yang sangat terasa dalam animasi layar lebar "Spirit Untamed". Pesan-pesan perempuan berdaya, persahabatan, dan relasi kuat antara manusia dan seekor kuda, digambarkan secara sangat ringan dan menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. 

Tokoh utama, gadis 12 tahun bernama Lucky Prescott diceritakan harus menanggung kejadian traumatis yang dialami ayahnya. Saat kecil, ibunya tewas saat menunggang kuda dalam sebuah pertunjukkan. Lucky pun berpindah dari rumahnya di kota kecil Miradero. 

Saat ini Lucky beranjak remaja dan hendak berlibur pulang kampung. Dia bertemu ayahnya yang masih menyimpan benda-benda peninggalan mendiang istrinya. Ayah Lucky, Jim Prescott pun masih belum 'move on' dari kecelakaan bersama kuda yang merenggut pasangannya. 

Jim sangat protektif terhadap Lucky, sementara gadis itu suka berpetualang dan keras kepala. Seperti menurun dari ibunya, Lucky pun sangat tertarik dengan kuda, khususnya mustang yang baru ditemuinya. 

Kuda tersebut kemudian dinamakan Spirit karena semangatnya luar biasa, khususnya saat dikandangkan. Perlahan relasi Lucky dan spirit terjalin. Dia mulai jatuh cinta dengan berkuda. Lucky juga berteman dengan sesama penunggang kuda anak, Pru dan Abigail. Pertemanan dan 'passion' mereka terhadap kuda diuji, ketika Spirit bersama kawanannya ternyata akan diangkut untuk dipekerjakan secara paksa. 

Tiga sahabat Lucky, Pru, dan Abigail berusaha menyelesaikan dengan berani memulai petualangan panjang dan emosional. 

Dengan cerita inspiratif sekaligus adegan menghibur, visualisasinya pun cukup meyakinkan. Kuda sebenarnya dikenal sebagai binatang yang paling sulit digambar dan dianimasikan. Namun animator dan sutradara "Spirit Untamed" berhasil memperlihatkan detail-detail kuda yang sangat terasa sudah diriset secara sangat baik. 

Deretan pengisi suaranya juga tak kalah pentingnya untuk menghidupkan visual, di antaranya Isabela Merced yang pernah menjadi Dora dalam "Dora and the Lost City of Gold", serta aktor Jack Gylenhaal, dan aktris Julianne Moore. 

Melalui paket lengkap tersebut, "Spirit Untamed" bisa menjadi hiburan keluarga di bioskop menjelang berakhirnya masa liburan ini. (MAR)