Pemprov DKI Jalin Kerjasama Bahan Pangan dengan Pemkab Sumedang

MUS • Saturday, 12 Jun 2021 - 11:13 WIB

Sumedang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Food Station Tjipinang Jaya selaku BUMD Pangan Jakarta menggelar kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang yang dalam hal ini diwakili oleh BUMD PT Kampung Makmur.

“Kerjasama ini merupakan KSD (Kerja sama Daerah) berupa pendatangan kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Sumedang,” ujar Pamrihadi.

Acara pendandatanganan dilaksanakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  dengan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir diikuti oleh Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo dengan Direktur Utama PT Kampung Makmur Hendri Heryanto di Sumedang 11 Juni 2021.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengatakan kerjasama ini adalah tindak lanjut dari kunjungan kerja Bupati Sumedang ke Jakarta beberapa waktu yang lalu. Adapun kerjasama yang dijalin adalah penyerapan (stanby buyer) beras premium, pengelolaan Gudang SRG serta pemasaran berbagai produk unggulan hasil Pemkab Sumedang di web store milik PT Food Station Tjipinang Jaya, jelas Pamrihadi Wiraryo.

Seiring dengan acara penandatangan, pada hari yang sama juga akan ada pengiriman 30 ton beras premium dari penggilingan padi di Sumedang yang kualitasnya telah disesuaikan dengan kebutuhan PT Food Station Tjipinang Jaya.

“Agar kontinuitas kerjasama kedepan bisa terjalin dengan baik, Food Station berharap agar PT Kampung Makmur berinvestasi membangun infrastruktur untuk penggilingan padi, pengering dan fasilitas mesin RMU (Rice Miling Unit), yang berguna untuk memutus mata rantai distribusi beras agar lebih pendek sehingga diperoleh harga beras yang kompetitif dengan kualitas yang standard dan produk jadi bisa langsung masuk ke pasar,” ungkap Pamrihadi.

Pamrihadi menambahkan Food Station selaku BUMD Pangan milik Pemprov DKI Jakarta yang ditugaskan untuk menjaga ketahanan pangan dan pasokan untuk warga DKI Jakarta selalu aktif menjalin kerja sama dengan daerah lain. Pasalnya lebih dari 99% kebutuhan pangan Jakarta bergantung dari daerah lain.

Selain itu PT Food Station adalah BUMD Pangan di DKI Jakarta yang sangat menaruh perhatian besar kepada kesejahteraan para petani yang menjadi mitranya. Itu makanya kerjasama yang dilakukan selalu diupayakan dengan kelompok tani, koperasi dan badan usaha agar memberikan banyak manfaat kepada mereka.

“Kerjasama yang dilakukan selalu menggunakan prinsip yang saling menguntungkan atau jangan hanya membesarkan yang kecil tapi semakin mengecilkan yang kecil. Yang kami lakukan adalah membesarkan kedua belah pihak baik yang besar maupun yang kecil sesuai dengan amanat Gubernur Anies Baswedan,” ungkapnya.

Sebelumnya beberapa waktu yang lalu sebelum Idul Fitri 1442 H, PT Food Station sudah melakukan kerjasama serupa dengan pelaku usaha di daerah lain seperti Cilacap, Jawa Tengah dan Ngawi, Jawa Timur.