Trijaya FM Borong 3 Penghargaan Sekaligus dalam Anugerah Jurnalis Lingkungan PPLI 2021

FAZ • Thursday, 17 Jun 2021 - 14:34 WIB

Jakarta - Dua jurnalis Trijaya FM berhasil menjuarai Lomba Karya Jurnalis Lingkungan PPLI 2021, Kamis (17/6/2021). Ajang yang bertemakan "Menjaga Nusantara Melalui Penanganan Limbah Industri Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Secara Terintegrasi" itu, memberi penghargaan bagi karya terbaik media massa online, cetak, radio, televisi dan foto jurnalistik.

Dalam kategori radio yang diikuti pewarta radio berita ibu kota dan berbagai daerah, Fazri Rizkiya dari Trijaya FM berhasil menjadi juara 1 dengan judul "Kenali Limbah B3 dan Bahayanya".

Karya tersebut memuat edukasi dan informasi mengenai pengolahan dan pengelolaan limbah B3 yang dihasilkan industri maupun rumah tangga.

Pendengar Trijaya, sebutan untuk khalayak Trijaya FM, diajak untuk lebih mengenali jenis-jenis limbah B3 dan bagaimana cara mengolahnya agar tak merusak lingkungan.

Tak hanya satu gelar, Trijaya FM menempatkan wakil keduanya di podium, melalui karya “Ayo Kenali Limbah B3 di Rumah Kita" dari Muslim Pasaribu.

Selain merebut dua gelar sekaligus, Trijaya FM juga menjadi media terproduktif, karena dinilai berpartisipasi aktif dalam mendukung penyebarluasan informasi mengenai pengolahan dan pengelolaan limbah B3 secara terintegrasi.

Wakil Pemimpin Redaksi Trijaya FM, Marlene Karamoy mengatakan dengan semakin kompleksnya permasalahan lingkungan, media massa menjadi komponen yang sangat penting dalam menjembatani akses informasi mengenai lingkungan.

Ia menyebut jurnalis bukan hanya berperan sebagai penyebar informasi, tetapi juga untuk mengadvokasi lingkungan.

"Terima kasih atas keterbukaan PPLI untuk bersama-sama berkomitmen mengedukasi masyarakat khususnya terkait pelestarian bumi. Sebagai media kami sangat mengapresiasi dan berharap komitmen ini berkelanjutan," kata Marlene.

Sementara itu, Jurnalis Trijaya FM Fazri Rizkiya dalam sambutannya mengatakan bahwa limbah B3 tak hanya dihasilkan oleh industri. Rumah tangga pun bisa menyumbangkan limbah B3.

"Limbah B3 ada di sekitar kita, termasuk di rumah tangga kita. Mari kita jaga alam, maka alam jaga kita," kata Fazri dalam sambutannya sebagai juara pertama.