Sri Sultan Luncurkan Jogja Royal Orchestra di Keraton Yogyakarta

MUS • Tuesday, 22 Jun 2021 - 19:19 WIB

Yogyakarta - Bertepatan dengan Hari Musik Sedunia, Keraton Yogyakarta melalui KHP Kridhomardowo meluncurkan Jogja Royal Orchestra, Selasa (21/06) malam di Bangsal Pagelaran, Keraton Yogyakarta. Jogja Royal Orchestra diresmikan secara langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

Hadir pada kesempatan tersebut yakni Putra dan Menantu Sri Sultan, Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI. Yani Amirullah, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan sekaligus Paniradya Pati Aris Eko Nugroho, dan perwakilan Forkominda DIY.

Dalam sambutanya, Sri Sultan menyampaikan salah satu alasan pembentukan Jogja Royal Orchestra adalah untuk mewadahi kreativitas musisi Yogyakarta, sehingga mereka tidak perlu melakukan eksodus keluar kota namun justru menjadi pemicu musik klasik yang berasal dari Yogyakarta.

Secara sadar, Jogja Royal Orchestra mengubah proses brain-drain menjadi brain-gain musisi sebagai pemicu perkembangan musik klasik dari Yogyakarta sendiri.

“Terlebih lagi di saat pandemi ini, gelar musik lebih banyak dituntut menjadi kemasan dalam bentuk konser virtual yang tidak memerlukan mobilitas antarkota yang sekarang lebih banyak kesulitannya,” tutur Sri Sultan. 

“Visi Royal Orchestra ini adalah “membangun harmoni melalui tradisi musik yang adiluhung”. Sedangkan misinya adalah mempopulerkan tradisi musik klasik, terutama bagi kalangan milenial, mengangkat tradisi musik lokal ke panggung dunia, dan menginspirasi kolaborasi-selaras antara musik diatonis dan pentatonis,” urai Ngarsa Dalem. 

Sementara itu, Penghageng KHP Kridhomardowo Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro mengungkapkan, pagelaran orkestra kali ini dibawakan oleh Abdi Dalem Musikan yang setiap Senin Pon menggelar pementasan rutin berupa Uyon-Uyon Hadiluhung.

Namun, karena kali ini bertepatan dengan Hari Musik Dunia maka dihadirkan pagelaran yang istimewa dan berbeda dari biasanya. “Pagelaran ini sebenarnya sudah kami rencanakan sejak lama dan kali ini kami rasa momen yang tepat," ujar KPH Notonegoro.

Adapun pementasan perdana Royal Orchestra ini menampilkan lima repertoar musik klasik dengan formasi orkestra lengkap. Diantaranya adalah The Barber of Seville - Overture (Gioacchino Rossini, 1792-1868); Carmen Suite No. 1 - No. 2 Intermezzo - Prelude to Act III (Georges Bizet); Aida - An Opera In Four Acts (Verdi); An der schonen blauen Donau (Johann Straus, op.314); dan Hungarian Dance No. 5 (Johannes Brahms). (Ron)