Fasilitas RS Premier Bintaro Siap Untuk Vaksin Gotong Royong

ANP • Wednesday, 23 Jun 2021 - 09:42 WIB

Tangsel - Pemerintah menjamin vaksinasi COVID-19 diberikan secara gratis kepada seluruh rakyat Indonesia. Di samping itu, atas usulan dari dunia usaha melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang ingin membantu program pemerintah, mulai 18 Mei 2021 lalu diselenggarakan program vaksinasi Gotong Royong. 

Vaksinasi program pemerintah dan vaksinasi Gotong Royong berprinsip sama, yakni tidak membebankan biaya pada target sasaran. Hanya saja sumber pembiayaan pengadaan vaksin ini berbeda, vaksin Gotong Royong bersumber dari pendanaan mandiri perusahaan yang ingin melakukan vaksinasi gratis kepada karyawannya.

RS Premier Bintaro mendapatkan kesempatan dikunjungi oleh Dinas Kesehatan Tangerang Selatan yang terdiri dari dr. Adhi, dr. Herlina, dr. Agatha dan dr. Nurlaela Sari pada hari Jum’at, 18 Juni 2021 untuk melihat apakah fasilitas RS Premier Bintaro memenuhi syarat atau tidak. 

Team dari Dinkes melakukan pemeriksaan di berbagai lokasi seperti tempat penyimpanan vaksin di farmasi, untuk memastikan apakah kulkas memenuhi standar atau tidak. Kemudian juga melakukan tinjauan ke lokasi vaksinasi termasuk lokasi pendaftaran, skrinning dan tempat observasi. Selain itu yang tidak kalah penting adalah memastikan ketersediaan alat-alat yang wajib ada seperti trolley emergency dimana yang akan digunakan apabila terjadi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Persyaratan  lain yang harus ada yaitu harus memiliki IGD dan ruang ICU.

Dari hasil tinjauan tersebut RS Premier Bintaro dinilai memenuhi syarat untuk menjadi salah satu Rumah Sakit penyedia layanan Vaksinasi Gotong Royong.

Alur pendaftaran Vaksinasi Gotong Royong ini yaitu perusahaan mengirimkan proposal kepada KADIN dengan memilih Rumah Sakit yang dimaksud sebagai penyelenggara Vaksinasi Gotong Royong. Kemudian KADIN meneruskan proposal tersebut kepada Bio Farma sebagai penyedia vaksin, lalu Bio Farma menyampaikan ke Dinas Kesehatan, dan Dinas Kesehatan menunjuk Rumah Sakit yang dimaksud untuk menjadi penyelenggara Vaksinasi Gotong Royong bagi perusahaan tersebut.

Menurut dr. Agatha, Apabila Rumah Sakit / Fasilitas Kesehatan sudah menjalani Vaksinasi Gotong Royong, maka sudah tidak dapat melayani Vaksinasi Program Pemerintah.
 
CEO RS Premier Bintaro dr. Martha M.L. Siahaan, MARS MHKes menambahkan, RS Premier Bintaro mempunyai semangat yang besar untuk ikut serta secara aktif dalam percepatan pemberian Vaksin Covid-19 dengan harapan Indonesia segera keluar dari pandemi ini. Dengan filosofi yang dimiliki oleh Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia, induk perusahan RS Premier Bintaro yaitu "eople Caring For People, seluruh tim di RS Premier Bintaro siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk Vaksin Gotong Royong ini.

RS Premier Bintaro merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki beberapa rumah sakit dan fasilitas di Malaysia, Hongkong dan Indonesia. RS Premier Bintaro memiliki layanan unggulan / Center of Excellence (COE), yaitu Spine Center, Sport Clinic dan Vascular Center.

Rumah Sakit Premier Bintaro adalah rumah sakit pertama di Indonesia yang terakreditasi menggunakan standar Joint Commission International (JCI) edisi ke empat. JCI adalah organisasi akreditasi internasional, bagian dari Akreditasi Komisi Gabungan Organisasi Perawatan Kesehatan (JCAHO-USA).
Filosofi “People Caring for People”, mencerminkan komitmen terhadap peningkatan kualitas berkelanjutan – tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar internasional, juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten. (ANP)