Bupati Sleman Cek Kesiapan RS Darurat Covid-19

MUS • Saturday, 3 Jul 2021 - 18:58 WIB

Sleman - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Dandim Sleman, Kapolres beserta jajaran instansi teknis terkait melakukan peninjauan Rumah Sakit (RS) Respati, Sabtu (3/7).

Kustini menyampaikan bahwa peninjauan tersebut dilakukan untuk melihat sekaligus mendapatkan informasi langsung mengenai kesiapan dan fasilitas RS Respati yang akan dijadikan RS darurat penanganan covid-19.

"RS darurat ini (RS Respati) perlu kita siapkan mengingat kasus covid19 di wilayah Sleman akhir-akhir ini mengalami kenaikan," katanya.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Bupati Sleman Danang Maharasa. Dia mengatakan bahwa disiapkannya RS darurat tersebut sebagai langkah antisipasi terhadap tingginya kasus Covid-19 di Sleman.

"Dari pemantauan kami, ada peningkatan jumlah kasus covid-19 di Sleman. Kita berusaha menyiapkan sedini mungkin tempat isolasi bagi masyarakat karena sejumlah RS yang ada di wilayah Sleman saat ini juga kapasitasnya terpenuhi," jelasnya.

Lebih lanjut, Danang menjelaskan bahwa RS darurat tersebut dapat menampung 200 pasien. Namun, saat dioperasikan sebagai RS darurat, sementara hanya dapat menampung 50 pasien.

Danang menyebut keterbatasan pemakaian ruang di RS darurat dikarenakan masih dilakukannya penyempurnaan fasilitas dan juga penyediaan SDM.

"Kapasitas seluruhnya bisa sampai 200, namun sementara akan menampung untuk 50 pasien. Masih dilakukan penyempurnaan terlebih dahulu dan rencananya akan dilaunching pada 12 Juni 2021," ungkap Danang.

Usai melakukan peninjauan RS darurat penanganan Covid-19, Bupati Sleman bersama rombongan melanjutkan peninjauan ke beberapa tempat yang dijadikan shelter Covid-19 atau tempat karantina bagi pasien covid-19 dengan kategori tanpa gejala.

Beberapa lokasi tersebut yaitu Homestay yang terletak di wilayah Purwomartani, Kapanewon Kalasan, Wisma Sembada wilayah Kapanewon Pakem, Shelter Kalurahan Tamanmartani dan Shelter Kalurahan Candibinangun yang berlokasi di Pusat Pelatihan milik perusahaan swasta. (Ron)