Gandeng Dayana, Bencoolen Coffee Buka Cabang di Kazakhstan

FAZ • Monday, 5 Jul 2021 - 19:22 WIB

Jakarta - Bencoolen Coffee menunjuk influencer global asal Kazakhstan, Dayana Asembayeva, sebagai Brand Ambassador ekspansi Bencoolen Coffee ke Kazakhstan. Terpilihnya Dayana tidak terlepas dari pengaruh kuat di media sosial dan kemunculan dirinya hingga menjadi terkenal saat ini yang diawali dari platform youtube.

Duta Besar RI untuk Kazakhstan Rahmat Pramono sempat mengundang gadis cantik itu ke Rumah Budaya KBRI Nur Sultan dan mewujudkan keinginannya untuk bisa belajar tentang Indonesia.

“Sekaranglah saatnya Indonesia memperkenalkan diri kepada publik Kazakhstan dengan mengusung salah satu kopi terbaik dari Indonesia yang berasal dari tanah Bengkulu melalui Bencoolen Coffee, dan ini adalah langkah awal untuk jalin hubungan bilateral yang berkelanjutan,” ujar Rahmat, Senin (5/7/2021).

Sebelumnya pada tahun 2019, Kopi Bengkulu berhasil memperoleh 3 kategori penghargaan yakni Bronze, Silver dan Gold pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.

Di masa pandemi COVID-19 ini, Bencoolen Coffee juga memanfaatkan momentum untuk persiapkan pembukaan outlet Shanghai, Houston USA, Milan dan negara lainnya.

Bencoolen Coffee telah sukses membuka 3 outlet di Kubang Kerian, Kuala Trengganu dan Putra Jaya Malaysia serta puluhan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus diperluas hingga kancah Internasional.

“Bencoolen Coffee juga akan membuka outlet di Kazakhstan bersama Dayana. Partner kerjasama Bencoolen di Kazakhstan telah siap kenalkan Kopi Indonesia. Kemudian, Rusia juga menjadi negara incaran Bencoolen untuk semakin membentangkan sayap bisnisnya didukung dengan kecakapan bahasa Rusia Dayana,” kata Rahmat.

Staff khusus untuk Presiden Jokowi, M. Fadjroel Rachman, mengapresiasi kepedulian Dayana yang siap untuk dukung kopi Indonesia merambah negaranya bersama dengan KBRI di Kazakhstan.

“Thank you very much miss Dayana. We are honoured as Indonesian that you love our Bencoolen Coffee” tulis Fadjroel dalam kolom komentar Instagram @demi.demik dalam unggahan Dayana bersama Bencoolen Coffee.

Disamping biji kopi Bengkulu, Cybers Coffee juga membawa berbagai macam  kopi  Arabika tanah air yang terkenal dari Sabang sampai Merauke, yakni Arabika  Gayo, Mandailing, Sidikalang, Semendo, Java Ijen, Bali Kintamani dan Flores agar pilihan biji kopi semakin bervariasi untuk kedai Bencoolen Coffee di Kazakhstan nantinya.

Bencoolen berharap kolaborasi dengan Dayana dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk terus berkarya dan berjuang untuk negeri dari segi apapun. Kali ini Bencoolen mengawalinya dengan perlebar kesempatan produk kopi asal Bengkulu untuk semakin dikenal di kancah luar negeri dan merambah pasar kopi retail Internasional.

Nantinya, Bencoolen bekerjasama dengan KBRI adakan Ngopi Bareng Dayana pada 10 Juli 2021 agar Bencoolen Coffee dikenal di Kazakhstan. Coffee session tersebut akan dibuka oleh Gubernur Bengkulu dan Duta Besar RI untuk Kazakhstan secara hybrid offline dan virtual.

“Dalam acara tersebut juga akan diadakan MOU dengan salah satu coffee shop Kazakhstan yang sudah siap bekerjasama hadirkan Bencoolen coffee dan Cybers Coffee,” pungkas Rahmat.