Dapur Umum Kemensos di Surabaya Mulai Distribusikan 5.000 Paket Makanan

FAZ • Monday, 5 Jul 2021 - 19:26 WIB

Jakarta - Sejak didirikan pada hari Minggu siang (04/07), Dapur Umum Kementerian Sosial di Surabaya mulai mendistribusikan 5.000 paket makanan hari ini, Senin.

Jumlah tersebut masing-masing 2.000 paket untuk Kota Surabaya, 1.500 untuk Kabupaten Gresik, dan 1.500 paket untuk Kabupaten Sidoarjo.

Dapur Umum yang berlokasi di halaman Convention Hall, Jalan Arif Rahman Hakim Surabaya, ini mulai memasak makanan dan telur rebus yang akan dikirimkan kepada para Tenaga Kesehatan (Nakes) maupun pasien di Rumah Sakit di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Senin pagi (05/07), mengecek kesiapan tim serta memastikan aktivitas di Dapur Umum tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Ayo rek, ojo (jangan) ngumpul (berkerumun) kalau bekerja. Jaga jarak,” kata Mensos Risma kepada relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang bertugas di Dapur Umum.

Setiap petugas yang terlibat juga telah dilakukan Tes Rapid Antigen sebelum memulai aktivitas di Dapur Umum.

Terkait distribusi, sejak Senin pagi Mensos juga memastikan kendaraan pengangkut telah siap sehingga makanan akan dapat segera diantar ke tujuan.

“Ada (bantuan) tenda kecil untuk di perbantukan di Sidoarjo dan Gresik. Kalau memang truknya masih di perjalanan dari Lamongan, enaknya langsung kirim ke sana saja ya. Kan lebih dekat,” kata Risma.

Selain bantuan paket makanan, Kementerian Sosial juga memberikan sejumlah bantuan perlengkapan lainnya untuk Kota Surabaya terdiri dari 2.500 masker N95, 60.000 masker medis, 2.500 Alat Pelindung Diri (APD), 10 paket tenda serbaguna, dan 300 unit velbed (kasur lipat). Sementara untuk Kabupaten Gresik dan Sidoarjo masing-masing 15 karton masker medis, 175 paket APD, 10 tenda serbaguna, dan velbed (65 unit untuk Kabupaten Gresik dan 50 unit untuk Kabupaten Sidoarjo).

Sebagai langkah cepat layanan tanggap darurat pandemi Covid-19, Mensos Risma telah menginstruksikan Kementerian Sosial untuk mendirikan Dapur Umum yang menyediakan makanan bagi para Nakes dan para pasien isolasi. Hingga saat ini lima Dapur Umum telah dioperasikan yakni Dapur Umum di kantor pusat Kementeriaan Sosial di Salemba, Jakarta (21 sampai 28 Juni 2021); Dapur Umum di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta Selatan (mulai tanggal 29 Juni); di Balai "Wyata Guna" Bandung (mulai tanggal 3 Juli); di Balai Besar Soeharso Solo (mulai tanggal 4 Juli) dan di halaman Convention Hall, Jalan Arif Rahman Hakim, Kota Surabaya (mulai tanggal 04 Juli).