Ini Mobil Vaksin Keliling Untuk Dukung Percepat Vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta

ANP • Thursday, 8 Jul 2021 - 14:41 WIB

Jakarta – Sebagai upaya untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 guna mencapai herd immunity atau kekebalan komunal, hari ini PT Magenta Mediatama (Magenta Mediatama), perusahaan yang bergerak di bidang pameran dan event organizer (EO), bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan uji coba Mobil Vaksin Keliling yang berlokasi di RPTRA Cempaka Sari, Jakarta Timur (7/7). Hadirnya terobosan layanan Mobil Vaksin Keliling ini diharapkan dapat membantu Pemprov DKI Jakarta menjangkau lebih banyak warga untuk bisa mendapatkan layanan vaksinasi.

Perlu diketahui, target sasaran vaksinasi COVID-19 secara nasional yang dicanangkan pemerintah sebanyak 181.554.465 warga. Pemerintah melaporkan jumlah penerima vaksin COVID-19 per tanggal 6 Juli 2021 tercatat sebanyak 33.176.029 warga Indonesia yang mendapat suntikan vaksin dosis pertama, atau baru sebesar 18,27 persen dari total target vaksinasi nasional. Adapun warga yang telah mendapat vaksin COVID-19 dosis kedua atau lengkap baru mencapai 14.267.980 orang, atau sebesar 7,86 persen dari total target vaksinasi nasional.[1] Melihat target yang masih jauh, hingga kini pemerintah terus menggencarkan vaksinasi massal gratis di sejumlah daerah, terutama di DKI Jakarta sebagai upaya preventif penanganan COVID-19.

Andry Sutradjaja, Direktur Utama Magenta Mediatama mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19, selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi saat ini tengah berkembang varian baru COVID-19 dan menular lebih cepat dengan dampak yang lebih berat. Maka, vaksinasi diharapkan menjadi salah satu upaya dalam menekan penularan virus ini. "Oleh karena itu, melalui inisiatif penyediaan mobil vaksin keliling ini, diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi COVID-19, mengurangi potensi kerumunan pada saat proses vaksinasi COVID-19, serta dapat menjangkau wilayah yang padat dan terpencil," katanya.

Muhammad Anwar, Walikota Jakarta Timur menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Magenta Mediatama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penyediaan Mobil Vaksin keliling di wilayah DKI Jakarta. “Keberadaan mobil vaksin keliling seperti ini sangat membantu, khususnya warga yang tidak memiliki transportasi maupun para lansia, sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat vaksinasi COVID-19. Dengan cara seperti ini, diharapkan target vaksinasi terhadap 7,5 juta warga DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021 dapat segera tercapai dan per hari ini (7/7) sudah 5 juta orang yang mendapatkan vaksin di Jakarta. Untuk itu, mari bersama-sama kita tunjukkan bahwa kita mampu untuk menghadapi dan melewati pandemi ini, salah satunya dengan mengikuti program vaksinasi COVID-19. Silahkan mengunjungi sentra-sentra vaksin yang telah disiapkan, termasuk melalui Mobil Vaksin Keliling ini,” ujar Muhammad Anwar.

Senada dengan Walikota Jakarta Timur, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti juga sangat mengapresiasi kolaborasi Magenta Mediatama untuk mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19, khususnya di wilayah DKI Jakarta. “Diharapkan dengan adanya mobil layanan vaksinasi COVID-19 keliling ini, dapat memudahkan warga DKI Jakarta untuk mendapat layanan vaksinasi COVID-19.  Selain itu, kami juga tidak bosan untuk terus mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama berikhtiar melawan pandemi COVID-19 dengan mengikuti vaksinasi yang sudah disediakan pemerintah dan tetap . Oleh karenanya, dukungan dari masyarakat juga sangat penting . Karena, tanpa dukungan masyarakat, upaya-upaya yang telah dilakukan ini akan sulit berjalan dengan optimal,” tambahnya.

 

Saat ini Pemprov DKI akan menyiapkan 10 unit mobil vaksin keliling, dan setiap mobil vaksin keliling akan berada di 2 titik dengan target jumlah warga yang divaksinasi sebanyak 100 orang per hari per titik. Di setiap mobil vaksin keliling ditempatkan 5 petugas yang terdiri dari 2 tenaga kesehatan dan 3 orang tenaga non medis. Untuk tahap uji coba, titik lokasi Mobil Vaksin Keliling akan ditempatkan di posko Jakarta Timur yang berlokasi di RPTRA Cempaka Sari, Cakung Barat, Jakarta Timur.  Untuk jumlah unit mobil kedepannya akan terus bertambah.

"Dengan mobil vaksin keliling, diharapkan bisa menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk melawan penyebaran virus COVID-19, agar Jakarta dan Indonesia bisa lebih sehat dan lebih aman bagi kita semua. Kami juga ingin mengajak perusahaan-perusahaan swasta untuk ikut aktif berkontribusi dan mendukung pemerintah dalam program percepatan vaksinasi COVID-19. Sehingga, diyakini dengan semakin banyak bantuan dari perusahaan swasta dan instansi terkait, jumlah unit mobil vaksin keliling akan dapat terus ditambah serta bisa mempercepat proses vaksinasi," tutup Andry Sutradjaja. (ANP)