Wajib Vaksin untuk Naik Kereta Api, Berikut 10 Stasiun yang Sediakan Vaksinasi Gratis

MUS • Saturday, 10 Jul 2021 - 14:17 WIB

Jakarta - Mobilitas masyarakat dibatasi dengan dilaksanakannya PPKM Darurat pekan lalu (3/7/2021). Salah satu caranya adalah dengan memperketat persyaratan perjalanan jarak jauh baik transportasi darat maupun transportasi laut.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai Senin lalu (5/7/2021) menetapkan aturan dan syarat perjalanan pada masa PPKM Darurat, yang antara lain meyebutkan, pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi jarak jauh seperti pesawat, bus dan kereta api harus menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama.

Selain itu, calon penumpang juga harus menunjukkan hasil PCR dengan keterangan negatif, bagi transportasi pesawat, berlaku 2x24 jam. Sementara transportasi umum jarak jauh lain menggunakan Tes Antigen yang berlaku 1x24 jam (H-1).

Bagi calon penumpang yang belum melakukan vaksinasi, tidak perlu khawatir. PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka layanan vaksinasi Covid-19 di 10 stasiun yang dikhususkan untuk calon penumpang KA jarak jauh.

Joni Martinus selaku VP Public Relations PT KAI mengatakan, langkah ini merupakan upaya membantu masyarakat yang ingin bepergian jarak jauh. 

“Program vaksinasi gratis di stasiun ini merupakan upaya KAI untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan KA jarak jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub Nomor 42 Tahun 2021," ujar Joni Martinus Senin (05/07/2021).

Berikut ini 10 stasiun yang membuka layanan vaksinasi Covid-19 : 
1. Stasiun Gambir  
2. Stasiun Pasar Senen  
3. Stasiun Bandung  
4. Stasiun Cirebon  
5. Stasiun Purwokerto  
6. Stasiun Semarang Tawang  
7. Stasiun Solo Balapan  
8. Stasiun Yogyakarta  
9. Stasiun Jember  
10. Stasiun Madiun  

Meski layanan vaksinasi di stasiun ini mempermudah calon penumpang, namun masyarakat diimbau untuk tidak melakukan perjalanan jarak jauh, terutama pada masa PPKM Darurat.  Mengingat jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat, masyarakat diharapkan merencanakan perjalanan terlebiih dulu untuk keberangkatan di lain waktu.