Dorong Kreativitas Anak Muda, Kemenag Gelar Lomba Konten Tiktok Nasional 2021

MUS • Sunday, 11 Jul 2021 - 13:39 WIB

Yogyakarta - Direktorat Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Hindu  Kementerian Agama (Kemenag) bekerjasama dengan  Paiketan Krama Bali, Perhimpunan Pemuda Hindu Dharma Indonesia (Peradah) dan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) menggelar  Lomba Dharma Wacana Nasional dan Konten Tiktok Arjuna Digital IV 2021, dengan total hadiah Rp100 juta.

Pendaftaran dan pengiriman karya dari 15 Juni hingga  Agustus 2021  melalui melalui link: ttps//bit.ly/daftarLAD2021. Pengumuman dan penganugerahan pemenang 10 Oktober 2021.
 
Dirbinmas Hindu Kemenag,  Tri Handoko Seto mengatakan, lomba ini dilaksanakan untuk mendorong kreativitas milenial, khususnya anak muda Hindu guna mengisi konten konten kreatif di dunia maya. Adanya kegaduhan di dunia maya tak dipungkiri sangat sulit untuk dihilangkan, akan tetapi keberadaan konten-konten yang positif akan menjadi penguat dalam literasi.
"Anak muda yang kreatif harus terus difasilitasi untuk terus berkarya. Bukan hanya literasi keagamaan tetapi juga kebangsaan karena Dharma agama dan Dharma Negara merupakan satu tarikan nafas," kata Tri Handoko dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya hal tersebut, tentunya akan menjadi kebanggaan dan rasa percaya diri bangsa Indonesia karema  memiliki potensi anak-anak muda yang luar biasa, yang mampu berkarya di era digital ini.
 
Ketua Panitia Lomba Dharma Wacana Nasional dan Konten TikTok Arjuna Digital IV 2021 Ni Kadek Surpi Aryadharma menambahkan lomba ini juga untuk membangun serta, memberikan semangat dan mendukung para content creator Hindu. Sehingga berkarya lebih baik dalam membantu upaya siar Hindu dan semangat moderasi beragama.

“Harapan kami  kegiatan ini diikuti secara massif oleh anak muda Hindu, yang tanpa sekat dan tanpa jarak," tambahnya.

Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, mengajak setiap umat Hindu menjunjung nilai-nilai Hindu, menghindari hoax, dan ujaran kebencian di sosial media. Untuk  itu  endukung penuh lomba ini dan berharap semakin banyak konten-konten bermanfaat yang diproduksi oleh umat Hindu.
 
“Kami mendukung anak-anak muda yang cerdas dan menjadi pandawa lima. Juga harus terbangun Arjuna yang cerdas, cerdik cendekia, namun arif dan bijaksana. Jangan ribut di medsos, mari kita kuat bersatu,” paparnya. (Ron)