Rektor UGM Resmikan Hotel UC dan Wisma KAGAMA jadi Shelter Pasien Covid-19 

MUS • Wednesday, 14 Jul 2021 - 18:03 WIB

Yogyakarta - Rektor UGM meresmikan penggunaan Hotel University Club UGM dan Wisma KAGAMA sebagai selter bagi pasien Covid-19, Rabu (14/7). Selter ini dikelola UGM berkoordinasi dengan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM dan mampu menampung hingga 202 pasien.

“Melihat kondisi rumah sakit yang sudah penuh dan banyak orang tidak mendapat layanan medis yang diperlukan, kami terpanggil memikirkan bagaimana agar hal seperti itu tidak terjadi. Salah satu yang paling mungkin dilakukan adalah mengurangi beban rumah sakit dalam menampung pasien,” papar Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono. 

Hotel University Club menyediakan 71 kamar yang masing-masing berisi dua tempat tidur, sementara Wisma Kagama menyediakan 30 kamar dengan dua tempat tidur di setiap kamar. Di samping itu, terdapat sejumlah fasilitas lainnya seperti ruang observasi dan ruang ganti alat pelindung diri bagi tenaga medis.

Panut menerangkan, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi akan dipantau oleh dokter dan perawat yang ditempatkan di selter tersebut.
Keberadaan selter ini, terangnya, membantu rumah sakit yang saat ini memiliki keterbatasan dalam menyediakan fasilitas untuk merawat pasien, dan diharapkan dapat mengurangi kasus pasien yang meninggal dunia karena tidak sempat mendapat pertolongan di fasilitas kesehatan.

Sebelumnya, UGM juga telah membuka sejumlah selter pasien Covid-19 di fasilitas yang dimiliki UGM, seperti Asrama Darmaputera Baciro, Wanagama, serta Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT). 

Yang membedakan dari yang dibuka sebelumnya adalah selter ini dikelola berkoordinasi dengan RSA UGM yang akan melakukan pemantauan terhadap pasien. (Ron)