Soal Vaksin Berbayar Individu, Arief Poyuono: Menkes Buang Badan

MUS • Wednesday, 14 Jul 2021 - 21:59 WIB

Jakarta – Politikus partai Gerindra, Arief Poyuono, mulai membocorkan nama menteri yang ia tuduh tak loyal dan sedang bersiap meninggalkan Presiden Joko Widodo. 

Salah satunya adalah Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Arief menyebut Menkes Budi mencoba buang badan terkait vaksin gotong royong berbayar untuk individu. 

“Dia mengatakan ide vaksin gotong royong berbayar dari kantor Menko Perekonomian yang juga Ketua KPC-PEN. Padahal vaksin gotong royong berbayar sudah disepakati bersama agar vaksinasi berjalan cepat. Justru program ini bertujuan membantu pemerintah menanggulangi covid-19, lewat program vaksinasi yang terlihat lambat dilakukan Kemenkes,” kata Arief dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (14/7/2021). 

Menurut Arief, ucapan Budi Gunadi Sadikin bahwa vaksin gotong royong berbayar merupakan ide Menko Perekonomian yang disetujui Presiden, adalah bentuk penghianatan terhadap Jokowi. Apalagi belakangan banyak kritik yang ditujukan terhadap program tersebut. 

“Karena itu monggo pak Menkes kalau sudah tidak kompak, mau cari aman dan selamat sendiri, tidak mau kerja tim dan tidak loyal ke Jokowi mundur saja,” sindirnya. 

Kepada Presiden Jokowi, Arief mendorong agar bertindak tegas terhadap pembantunya yang berkinerja buruk. 

“Kangmas (Jokowi) sebaiknya segera copot Menkes yang dari awal tidak paham tentang bidang kesehatan. Sudah terbukti kok dengan rumah sakit yang penuh dan kekurangan oksigen, dimana-mana banyak korban pandemi covid-19 tidak terlayani dengan baik. Sebab Menkes yang saat ini memang zero tentang bidang Kesehatan. Pola pikirnya hanya seorang bankir yang mementingkan efisiensi dan untung,” pungkasnya. (Jak)