PKN II 2021, Bangun Kepemimpinan Srategis di Bidang Pendidikan

AKM • Thursday, 15 Jul 2021 - 10:06 WIB

Jakarta - Peningkatan kualitas SDM dalam menciptakan kepemimpinan yang berkualitas menjadi langkah strategis yang terus dikembangkan pemerintah. Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II  2021 dari pegawai sejumlah kementerian dan lembaga menjadi upaya menciptakan pemimpin berkualitas.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim  menyatakan peserta PKN 2021 diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan, dan mengaktualisasikan kepemimpinan yang strategis dalam memberikan layanan di bidang pendidikan berkualitas.

"Saya berharap dapat melahirkan pemimpin yang dapat membangun kepemimpinan yang strategis," ujar pada penutupan PKN Tingkat II Tahun 2021 dengan tema ‘Membangun Kepemimpinan Strategis untuk Mewujudkan Layanan Pendidikan yang Unggul secara daring, Selasa (13/7).

Mendikbudristek menjelaskan pelaksanaan PKN sehatusnya dapat melahirkan pemimpin yang mampu menciptakan lingkungan kerja yang selalu melakukan inovasi-inovasi baru.

Selain itu juga, pemimpin yang baik perlu menyadari bahwa dia tidak bisa bekerja sendiri, tetapi harus bisa berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

Kolaborasi dan gotong royong, kata Menteri Nadiem, merupakan asas kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang harus diperkuat.

Salah satu tugas utama Kemdikbudristek adalah memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas, maka para pemimpin di masing-masing unit utama harus memperkuat kolaborasi dan gotong royong.

"Hal itu sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar untuk melahirkan generasi pemimpin baru dengan kemauan yang kuat untuk mengabdi kepada negara,” katanya.

Mendikbudristek mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Lembaga Administrasi Negara (LAN) beserta jajarannya atas dukungannya dalam kegiatan ini.

Pada tahun selanjutnya, diharapkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dapat menyelenggarakan kegiatan pelatihan pegawai secara mandiri.

"Kemudian, kepada para alumni PKN II, selamat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada pelatihan ini karena masa depan Indonesia bergantung kepada kesungguhan Bapak/Ibu sekalian dalam bergerak bersama mewujudkan Merdeka Belajar sebagai pembelajar sepanjang hayat dan pelayan masyarakat," pesannya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Ainun Na’im mengungkapkan bahwa PKN II Angkatan VI ini memberikan pengalaman pembelajaran dan peningkatan kompetensi kepada para peserta.

Ainun menjelaskan para peserta  dapat mengemban amanah sebagai aparatur negara yang mampu mengelola pekerjaan sesuai bidang masing-masing untuk masyarakat dan pembangunan nasional.

"Saya berharap bahwa perhatian, pemikiran, dan ide-ide baru tidak hanya muncul selama mengikuti pendidikan, tetapi selalu muncul ketika bekerja. Ketika kita bekerja kita harus selalu memberikan perhatian dan memikirkan bagaimana kita supaya bekerja lebih baik yang berdampak pada lingkungan kita, lembaga kita, dan masyarakat kita," tandasnya.