Idul Adha di Masa Pandemi, Menag Yaqut Ajak Umat Islam Meriahkan Takbir Akbar Virtual

MUS • Monday, 19 Jul 2021 - 11:07 WIB

Jakarta - Memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1442 H, Pemerintah menggelar Takbir Akbar Virtual. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, ikut menyambut malam Idul Adha dengan menggemakan takbir dari rumah masing-masing.

"Mari meriahkan malam Hari Raya Idul Adha dalam Takbir Akbar Virtual," ajak Menag di Jakarta, Senin (19/7/2021).

Menurut Menag, Takbir Akbar Virtual akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga, TNI/Polri, gubernur, elemen masyarakat, dan lain-lain dijadwalkan akan ikut bergabung secara virtual dari kediaman masing-masing.

"Mari gemakan takbir, agungkan Asma Allah Yang Mahabesar dan Mahakuasa, dari rumah masing-masing, seraya berharap pandemi ini segera berakhir," ucap Menag.

Takbir Akbar Virtual mengangkat tema 'Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat' dengan hastag #TakbirDiRumahAja. Dikatakan Menag, Iduladha mengingatkan umat Islam pada pesan penting Rasulullah SAW saat menyampaikan khutbah wukuf pada Haji Wada’ 14 Abad silam.

Salah satunya adalah pesan untuk menjaga darah dan jiwa setiap manusia. "Ini pesan yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Karena itu, di momen Idul Adha saat pandemi, mari bangun solidaritas bersama untuk Indonesia Sehat," tandasnya.

Takbir Akbar Virtual akan disiarkan stasiun-stasiun televisi, radio, dan media lainnya, termasuk media sosial. Acara dijadwalkan dimulai pada pukul 19.30 WIB.