TNI AL Lantamal VI Operasikan Ambulance Laut Dukung Serbuan Vaksin Covid-19 Masyarakat Maritim

MUS • Monday, 19 Jul 2021 - 13:11 WIB

Surabaya - Demi mendukung program serbuan vaksinasi Covid-19 yang merata kepada masyarakat Maritim di Makassar, TNI AL Lantamal VI Makassar telah mengoperasikan Armada Kapal perangnya sebagai ambulance laut untuk menjangkau warga di Kepulauan. Senin (19/07).

Ambulance laut dari unsur Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Pulau Langkai II-6-63 dan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar II-6-57 Lantamal VI  Makassar tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk  sarana vaksin dan evakuasi laut dengan menerapkan standar operasional prosedur dan protokol kesehatan yang ketat.

Ditempat terpisah Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Benny Sukandari, mengatakan TNI AL (Lantamal VI) telah menyiapkan dua ambulance laut yang digunakan untuk menfasilitasi sarana tranportasi bagi masyarakat maritim yang kesulitan  hadir dan datang untuk divaksin khususnya masyarakat kepulauan.

“Lantamal VI  mempunyai target kurang lebih 400 sampai 450 orang masyarakat maritim yang harus sudah di vaksin setiap harinya. Dalam pengoperasian ambulance laut, Lantamal VI telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Laksma Benny Sukandari.

Pengoperasian dua ambulance laut Lantamal VI Makassar tersebut merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, guna menyukseskan program pemerintah yaitu serbuan Vaksinasi Covid-19  ‘Dua Juta Vaksin Perhari’ untuk seluruh lapisan masyarakat maritim di Makassar. (Her)