Pemkab Sleman Kembali Tebar Hewan Kurban Idul Adha 1442H

MUS • Wednesday, 21 Jul 2021 - 13:17 WIB

Sleman - Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 2021/1442 H Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman kembali melakukan kegiatan tebar kurban, Rabu (21/7).

Kali ini, tebar kurban dilakukan di lima titik yaitu Kapanewon Minggir, Sleman, Seyegan, Tempel dan Prambanan. Pelaksanaan tebar kurban yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa pada hari pertamanya.

Wakil Ketua 3 (Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan), Muhyi Darmaji mengatakan bahwa tebar kurban yang merupakan program Sleman Peduli dari Baznas Sleman yang menyasar Masjid dan Mushola di wilayah Kabupaten Sleman yang belum pernah melakukan kurban sapi.

“Ini (Tebar Kurban) merupakan kegiatan rutin yang telah memasuki tahun keempat dalam pelaksanaanya. Hampir seluruh Kapanewon kita sowani untuk mengalokasikan kurban bagi Masjid dan Mushola yang belum pernah menyembelih sapi sebagai hewan kurban,” jelasnya.

Lebih lanjut, Muhyi menuturkan bahwa pada tahun 2021, Baznas Sleman menyiapkan sejumlah Rp 112.000.000,00 untuk dialokasikan dalam program tebar kurban. Dana tersebut dapat memenuhi program tebar kurban di lima lokasi dengan jumlah sapi satu ekor setiap lokasinya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Baznas Sleman yang telah berkomitmen dan berperan dalam kegiatan tersebut.

“Kami masih bersyukur di tengah pandemi Covid 19 ini masih tetap bisa melaksanakan kurban bersama masyarakat. Walaupun dengan segala keterbatasan dalam penyelenggaraannya dikarenakan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, semoga tidak mengurangi sedikitpun esensi dari kegiatan ini,” katanya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan tebar kurban, Danang Maharsa melakukan peninjauan di dua lokasi yaitu lokasi pertama terletak di Mushola Sugiyatmi, Mangsel Kamal, Margomulyo, Seyegan. Sementara untuk lokasi kedua yaitu Masjid Nurul Jihad, Pranan, Sendangsari, Minggir.

Di samping itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa juga menyempatkan melakukan peninjauan pelaksanaan kurban bersama dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman di wilayah Gentinga, Sidoagung, Godean. (Ron)