IOC Resmi Pilih Brisbane, Indonesia Batal jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

MUS • Wednesday, 21 Jul 2021 - 17:51 WIB

Brisbane - Komite Olimpiade International (IOC) resmi menunjuk Brisbane, Australia, sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Keputusan ini sekaligus mengubur harapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah di ajang tersebut.

Melalui akun Twitter resminya, @iocmedia, mereka mengumumkam kemenangan Brisbane menjadi tuan rumah. Pada pemungutan suara yang berlangsung di Jepang pada Rabu (21/7/2021), Brisbane memenangkan voting setelah dianggap calon tunggal yang mendapat dukungan Future Host Commission IOC.

Sementara, Indonesia sendiri yang berstatus sebagai continues dialog gagal mengamankan tempat. Pada proses voting pun IOC hanya bertanya tentang setuju atau tidaknya Brisbane menjadi tuan rumah.

Hasilnya, 72 suara menyatakan setuju, sementara lima voting menolak. Proses penghitungan suara pun dilakukan kepada 80 peserta dengan voting 77 dianggap sah.

Hal ini kemudian mengundang reaksi menghebohkan dari Perdana Menteri Scott Morrison. Ia mengatakan bahwa keputusan itu akan menjadi hari yang bersejarah, tepatnya Kota Brisbane.

"Ini adalah hari bersejarah tidak hanya untuk Brisbane dan Queensland, tetapi untuk seluruh negara. Hanya kota-kota global yang dapat mengamankan Olimpiade, jadi ini adalah pengakuan yang tepat untuk posisi Brisbane di seluruh kawasan kami dan dunia," ucap Morrison, mengutip dari Reuters, Rabu (21/7/2021).

Ketua Komite Olimpiade Australia John Coates, yang juga Wakil Presiden IOC menyambut antusias. Bahkan, ia berjanji akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan ketika atlet datang ke Brisbane untuk mengikuti Olimpiade 2032.

"Olimpiade di Brisbane akan berada di tangan [penyelenggara] yang paling rajin, bersyukur, dan antusias. Saya membuat komitmen ini untuk para atlet dunia, kami akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan," tutup Coates