Dua Pekan PPKM Darurat, BOR Rumah Sakit di DKI, Jabar & Jateng Mulai Membaik

MUS • Wednesday, 21 Jul 2021 - 20:15 WIB

Jakarta – Sejumlah wilayah penerapan PPKM darurat masih berada pada level 4 pandemi. Hal ini diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, dalam konferensi pers sore tadi, Rabu (21/07/2021).

“Seluruh wilayah kabupaten/kota di DKI Jakarta memiliki level 4, di Jawa Barat terdapat 13 kabupaten/kota yang berada pada level 4, untuk wilayah Jawa Tengah terdapat 21 kabupaten/kota, daerah Jawa Timur ada 30 kabupaten/kota, Daerah Istimewa Yogyakarta seluruh kabupaten/kota berada pada level 4, Banten 4 kabupaten/kota dan Provinsi Bali memiliki 4 kabupaten/kota yang berada pada level 4,” ungkap Siti Nadia. 

Siti Nadia mengatakan, terdapat wilayah yang mengalami penurunan dari level 4 ke level 3, seperti Kabupaten Majalengka di Jawa Barat dan Kabupaten Grobogan serta Kabupaten Demak di Jawa tengah. Menurutnya, ini merupakan progres yang baik dan diharapkan mampu diikuti sejumlah wilayah kabupaten/kota lainnya. 

Untuk keterisian tempat tidur atau BOR di pulau Jawa-Bali masih memiliki kapasitas respon yang sama. Tempat tidur yang tersedia ada 124.747 dan yang sudah terpakai ada 91.787 tempat tidur. 

“Untuk wilayah DKI Jakarta telah ditambah sebanyak 1.284 tempat tidur, Bandung telah ditambah 1.170 tempat tidur, Semarang dan Solo ditambah 530 tempat tidur, DIY ditambah 668 tempat tidur dan Bali ditambah 423 tempat tidur,” kata Siti Nadia

Siti Nadia mengungkapkan BOR di DKI Jakarta mengalami penurunan dari 92% menjadi 84%, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat juga mengalami penurunan dibawah 80%. Bali mengalami peningkatan BOR meskipun angkanya masih di bawah 80%. Wilayah Kalimantan timur menjadi satu-satunya wilayah di luar Jawa – Bali dengan tingkat keterisian atau BOR diangka 81%. (Ann)