Pemuda Muhammadiyah Berikan Dukungan Penuh BIN Untuk Vaksinasi Door to Door

ANP • Wednesday, 21 Jul 2021 - 21:24 WIB

JAKARTA - Upaya Badan Intelejen Negara (BIN) yang melakukan vaksinasi secara door to door untuk mengatasi pandemi Covid-19 mendapatkan dukungan penuh dari Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.

Ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto mengatakan, vaksinasi door to door oleh BIN merupakan terobosan baru dalam rangka mempercepat proses vaksinasi. Apalagi menurutnya, pada masa PPKM Darurat, sangat penting dalam menghindari kerumunan.

"Saya  sangat mendukung  apa yang dilakukan oleh BIN soal vaksinasi secara door to door. Selain hal tersebut merupakan terobosan baru, cara itu juga dapat mempercepat proses vaksinasi untuk mencapai jumlah lebih maksimal. Lebih-lebih pada masa PPKM seperti sekarang ini, apa yang dilakukan BIN dapat menghindari kerumunan dan masyarakat tidak disibukkan dengan remeh temeh seperti antri registrasi dan lain sebagainya," tegas Ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto dalam keterangan tertulis, Rabu (21/7/2021).

Cak Nanto mengatakan, uaya dan cara vaksinasi door to door dinilai efektif, terutama bagi ibu rumah tangga dan lansia yang kesulitan rumahnya. Padahal, katanya, golongan ini sangat rentan terpapar Covid-19.

"Cara ini juga efektif untuk kalangan tertentu seperti kalangan Ibu rumah tangga yang agak kesulitan untuk meninggalkan rumah, termasuk juga para lansia yang sebenarnya paling rawan terpapar, sehingga dengan upaya vaksin tersebut pemutusan rantai penularan dapat dipercepat," ujarnya.

PP Pemuda Muhammadiyah menyarankan, vaksinasi door to door  BIN menjangkau daerah yang sulit terjangkau vaksinasi, agar lebih bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, ujar Cak Nanto, BIN bisa memperbanyak tenaga medis agar vaksinasi dapat cepat dilakukan.

"Sebagai saran saja, cara yang dilakukan BIN akan lebih bermafaat apabila fokus pada daerah yang dianggapnya susah menjangkau kawasan kota besar. Sehingga sasaran dan targetnya lebih jelas dan terukur.

Termasuk juga memperbanyak tenaga medis di lapangan sehingga upaya tersebut betul-betul dapat mempercepat proses vaksinasi," tambahnya.

Dalam rangka mempermudah sekaligus membantu secara teknis, Pihaknya berharap kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan perlu dilakukan untuk membantu sosialisasi dan masyarakat antusias dalam vaksinasi Covid-19.

"Harapan saya BIN juga menggandeng organisasi kemasyarakatan. Hal ini juga dapat membantu proses sosialisasi di lapangan dan dapat mendorong antusiasme masyarakat dalam melakukan vaksin," katanya. (ANP)