Trik UKM Hadapi Musim Pandemi Ala Hermawan Kartajaya

ANP • Wednesday, 21 Jul 2021 - 21:33 WIB

Jakarta - Hermawan Kartajaya resmi terpilih sebagai Incoming Chair dari The International Council for Small Business (ICSB) Global menggantikan Winslow Sargeant pada periode 2021-2022 mendatang. 

Sebelumnya, Hermawan aktif di ICSB Global sebagai Board Member dan merupakan Co-Founder ICSB Indonesia bersama dengan AAGN Puspayoga, sekaligus chairman organisasi tersebut di Indonesia. Hermawan juga merupakan Founder serta Chairman dari Asia Council for Small Business (ACSB).

Dalam kesiapannya untuk mengemban tugas baru, Hermawan memberikan kiat-kiat khusus bagi para pelaku UKM di Indonesia dalam menghadapi gelombang kedua pandemi saat ini.

Pertama, menjaga semangat kewirausahaan (entrepreneurship) penting untuk dilakukan agar tidak patah semangat di tengah jalan. "Namun, bekali juga diri Anda dengan ilmu-ilmu pemasaran, sehingga strategi yang diambil di masa sulit ini bisa lebih tepat sasaran," kata Hermawan.

Kedua, terus tingkatkan kreativitas untuk menggali ide-ide baru dan lakukan inovasi untuk mengubahnya menjadi solusi yang pas dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

"Ketiga,  lakukan kolaborasi dengan berbagai pihak atau pelaku UKM lain, komunitas, perusahaan besar, kampus dan juga pemerintah, agar Anda bisa mendapatkan alternatif jalan keluar dari krisis yang Anda hadapi," tandas Hermawan. 

Dengan resmi menjadi Incoming Chair ICSB Global tahun ini, maka pada Juli tahun 2022 nanti, Hermawan akan kembali dilantik menjadi Chair dari ICSB Global. Hermawan juga sekaligus menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan ICSB World Congress pada tahun 2023 yang rencananya akan diselenggarakan di Bali. "Momen penting tersebut diharapkan akan bisa mempercepat pemulihan sektor pariwisata di Pulau Dewata," ujar Hermawan.


International Council for Small Business (ICSB) sendiri adalah organisasi nonprofit global dengan jaringan di berbagai negara dengan misi untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil di seluruh dunia. 

Hermawan maju sebagai orang Indonesia pertama yang terpilih menjadi Incoming Chair ICSB Global dimana organisasi tersebut merupakan organisasi payung terbesar dalam pembinaan UKM di dunia yang telah berdiri sejak 1955. ICSB Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari AAGN Puspayoga dan Hermawan Kartajaya. (ANP)