Selamatkan Penduduk Desa dari Siklon Tropis Seroja di NTT, Pak Dewa Dapat Penghargaan Khusus dari BMKG

MUS • Thursday, 29 Jul 2021 - 10:56 WIB

Jakarta - Pada peringatan Hari Ulang Tahun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (HMKG) ke-74, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penghargaan kepada Muhammad Mansur Dokeng sebagai sosok yang inspiratif bersama BMKG menyelamatkan bangsa.

Muhammad Mansur Dokeng atau akrab disapa Dewa adalah sosok nelayan yang tinggal di desa Kampung Nelayan Oesapa, Kota Kupang, NTT.

Dewa menyelamatkan ratusan warga di lingkungannya, karena mampu membaca pesan berantai dalam grup Whatsapp, yang isinya adalah grafis dan data mengenai perkembangan cuaca di Kupang yang secara drastis menjadi cuaca ekstrem hingga membentuk Siklon Seroja.

Badai yang dikenal dengan Siklon Tropis Seroja pada awal April 2021 mengamuk, menerjang apapun yang dilalui, membawa angin dan banjir. Sebanyak 11 wilayah yang terdiri dari kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) terdampak banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem imbas dari bibit siklon dan Siklon Tropis Seroja.

Ada delapan daerah di Provinsi NTT dengan kondisi kerusakan terparah, termasuk antara lain Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Alor, Kabupaten Malaka, dan Kabupaten Sabu Raijua.

Atas pemahaman Dewa dalam menginterpretasikan pesan prakiraan cuaca dari BMKG dalam grup aplikasi seluler, Dewa meminta dan meneruskan informasi tersebut kepada seluruh masyarakat untuk segera mengungsi dan menyelamatkan diri, karena badai besar akan datang.