UGM Adakan Vaksinasi Drive Thru di RS Sardjito dan RS Akademik

MUS • Thursday, 29 Jul 2021 - 16:46 WIB

Yogyakarta - FKKM UGM bersinergi dengan RS Sardjito dan Rumah Sakit Akademik mengadakan vaksinasi yang dilakukan secara drive thru pada bulan Juli 2021.

Hera Nirwati, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM FKKMK sekaligus ketua vaksinasi FKKMK, menjelaskan vaksinasi yang dilakukan secara drive thru dikembangkan untuk menghindari kerumunan.

“Yang kita jaga adalah agar tidak ada kerumunan. Biasanya kalau ada vaksinasi kan banyak yang antri, kalau ini dengan kendaraan maka mereka bergerak dengan kendaraan masing-masing. Jadi, ada motor lah, ada mobil lah, ada yang sepeda, ada yang jalan kaki, tetapi yang jalan kaki ini juga mengikuti alur,” ujarnya pada Kamis (29/7).

Menurut Hera, vaksinasi yang bekerja sama dengan RS Sardjito dilaksanakan pertama kali pada 8 Juli 2021 dengan jumlah 122 vaksin dosis pertama dan 1 vaksin dosis kedua. Vaksinasi selanjutnya diadakan pada 13, 15, 21, 22 dan 26 Juli dengan jumlah 3453 dosis pertama dan 18 vaksin dosis kedua. Dengan demikian, jumlah sasaran tervaksin adalah 3.471 orang.

Ia memaparkan FKKMK juga melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Akademik UGM untuk melakukan vaksinasi drive thru pada 27 hingga 29 Juli 2021. 

Vaksinasi pada tanggal 27 Juli berjumlah 798 pendaftar dengan 596 orang yang hadir. Pada 28 Juli berjumlah 1.063 pendaftar dengan 825 orang yang hadir. 

Untuk vaksinasi tanggal 29 Juli 2021, Hera menyampaikan sasarannya diperluas untuk mahasiswa UGM. 

“Harapannya kedepan adalah bisa membantu meningkatkan cakupan vaksinasi yang sebanyak-banyaknya supaya semua orang bisa terlindungi dan herd immunity segera tercapai. Kita semua kan sedang melakukan vaksinasi, kami dari Fakultas Kedokteran melakukan kerja sama dengan rumah sakit baik dengan RS Sardjito maupun Rumah Sakit Akademik supaya bisa memeberikan layanan utamanya kepada warga UGM dan nanti kedepannya dijalankan kepada masyarakat secara umum,” terang Hera. (Ron)