Cloud Percepat Transformasi Digital Bisnis Retail dan Lainnya

MUS • Thursday, 5 Aug 2021 - 14:08 WIB

Jakarta - Maraknya bisnis retail belakangan ini, membuat para pelaku pasar mencari cara paling efektif untuk mengelola data terkait bisnisnya. Pengelolaan data manual kini pun sudah mengalami transformasi digital. Teknologi pengelolaan data berbasis Cloud pun mulai menjadi solusi populer.

GITS.ID selaku partner Google Cloud hadir menjawab semua kebutuhan retailer untuk menyelesaikan masalah ini. Beragam layanan pengelolaan data cerdas yang ditawarkan untuk bisnis retail, dapat membantu mentransformasi pengoperasian toko anda..

Tantangan dan Perkembangan Bisnis Retail Saat Ini

Di era serba canggih seperti sekarang, bisnis retail memang sangat dimudahkan dalam berbagai aspek. Namun, bukannya tak mungkin dalam perjalanannya ditemui beragam kendala. Meski perkembangan bisnis ini menunjukkan grafik yang semakin naik, namun masih ada tantangan yang harus diselesaikan.

Beberapa tantangan bisnis retail yang sering ditemui di lapangan, di antaranya: 

1. Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Loyalitas pelanggan menjadi sesuatu yang sulit dipertahankan pada era digital. Mengingat banyaknya pilihan toko online dan marketplace, pelanggan akan dihadapkan pada begitu banyak opsi belanja.

2. Memenuhi Selera Pasar
Hal yang perlu dipenuhi pebisnis retail saat ini adalah menyediakan contextual commerce, dimana proses produksi dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku digital konsumen. Kemudian sambil mempertimbangkan produk apa yang menguasai selera pasar saat ini.

3. Perubahan Trend Belanja Masyarakat
Zaman sudah berubah, begitu pula trend belanja masyarakat. Bila dulu berbelanja harus mengunjungi toko retail langsung, kini semua sudah berubah dan beralih belanja ke toko online. sebabnya tentu kepraktisan. Hanya bermodal smartphone dan internet, belanja tak lagi menjadi soal.

4. Penurunan Konsumsi Masyarakat pada Produk Industri Retail
Dari data survey tahun 2017 hingga sekarang, diketahui terjadi penurunan konsumsi atas produk retail. Beberapa sebabnya karena adanya peralihan ke dunia online serta melemahnya daya beli masyarakat.

5. Persaingan Harga
Dengan semakin banyak pelaku bisnis retail, persaingan harga menjadi suatu kondisi tak terelakkan. Beberapa pelaku bisnis bermodal kuat bahkan terkadang menguasai pasar dengan mengambil produk dalam jumlah besar, sehingga bisa menjual dengan harga sangat murah. Kondisi tak menguntungkan ini terkadang membuat pelaku bisnis membanting harga hingga keuntungan yang didapat tak mampu menutup biaya operasional.

6. Regulasi Terkait Industri Retail
Industri retail saat ini menghadapi PR besar dengan adanya regulasi pemerintah yang sebagian besar kurang memihak pengusaha retail. Rata-rata mereka mengeluhkan tidak adanya ketegasan regulasi pemerintah terkait persaingan ketat dengan pengusaha online.

Mempertimbangkan segala tantangan pada bisnis retail saat ini, agaknya transformasi bisnis retail konvensional menuju digital adalah salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan.
 
Kemunculan teknologi komputasi seperti cloud menjadi angin segar bagi perusahaan yang berusaha mencari cara paling efektif, guna menyederhanakan infrastrukturnya demi meningkatkan keunggulan kompetitif mereka.

Google Cloud hadir untuk membantu proses modernisasi infrastruktur melalui pemanfaatan big data dan smart analysis guna meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. 

Ini memanfaatkan cloud storage sebagai media penyimpanan berbasis online. Dengan ini, Anda hanya membutuhkan koneksi internet saat hendak mengakses file di dalamnya. Sungguh canggih dan tak lagi konvensional.

GITS.ID Menjadi Google Cloud Partner

Segala tantangan era digital di atas agaknya tak perlu dipusingkan terlalu lama.  “GITS.ID sebagai sebuah agensi digital yang fokus pada layanan IT Consulting, siap membantu mengatasi berbagai tantangan tersebut,” kata CEO GITS.ID, Ray Rizaldy. 

“GITS adalah Google Cloud partner handal yang siap memberikan layanan berbasis Cloud terbaik bagi para pelaku bisnis retail,” lanjutnya.

Dengan berbekal core value ini, GITS.ID berusaha mengembangkan beragam aplikasi untuk kebaikan, memberdayakan masyarakat, guna meningkatkan produktivitas dan mempermudah kehidupan sehari-hari.

Salah satu layanan yang diberikan GITS.ID adalah cloud computing. Ini merupakan proses komputerisasi suatu teknologi berbasis internet. Sistem cloud computing akan membantu anda menyimpan dan mengolah data secara virtual. 

Memanfaatkan cloud storage sebagai tempat penyimpanan file dalam jaringan internet, segala proses penyimpanan bisa dilakukan dengan akses di mana saja dan kapan saja selama masih ada koneksi internet. 

Dengan cloud pula, rangkaian proses Data Analytics (DA) bisa dilakukan secara efisien dan powerful. Contoh dari ini adalah enterprise data warehouse yang bisa membantu perusahaan untuk mengatasi pertumbuhan data. 

Ada banyak solusi yang ditawarkan oleh Google Cloud, di antaranya adalah: mengumpulkan data pertumbuhan digital dan penerimaan omnichannel, meliputi digital commerce, solusi-solusi terkait product discovery, dukungan premium untuk peak season, API Management for retail.

Kemudian merealisasikan berbagai peningkatan operasional, meliputi SAP pada Google Cloud, Anthos untuk bisnis retail, contact center AI, dan transformasi kerja.

Menjadi pebisnis retail yang bergerak dengan basis data dan fokus pada konsumen, meliputi modernisasi data warehouse, analisis retail dengan Looker, dan platform data pelanggan retail.

Cara Mendapatkan Layanan Google Cloud
Dengan beragam solusi dan kelebihan Cloud, maka migrasi cloud menjadi kebutuhan yang patut direalisasi sesegera mungkin. Situs resmi GITS.ID menyediakan beragam informasi seputar profil dan layanan yang diberikan GITS.ID selaku Google Cloud partner Indonesia. 

FAQ tentang Google Cloud Platform

Ada beberapa pertanyaan yang sering dijumpai terkait Google Cloud platform. Berikut beberapa contohnya:

FAQ Google Cloud Platform 
Q: Apa saja layanan Google Cloud Platform?
A: Ada beberapa layanan dari Google Cloud Platform, di antaranya BigQuery, Cloud SDK, Cloud functions, Cloud CDN, Data flow, Operations, Cloud SQL, Cloud Run, Computer Engine, dan Google Kubernetes Engine. 

Q: Apa yang dimaksud dengan cloud storage pada Google Cloud Platform?
A: Cloud Storage adalah salah satu layanan pada Google Cloud Platform berupa tempat penyimpanan virtual dalam berbagai kapasitas, sesuai kebutuhan. Cara mengaksesnya bisa dilakukan kapanpun dan di manapun asal ada koneksi internet.

Faq Keamanan Cloud
Q: Apakah Cloud computing aman?
A: Cloud computing sangat aman, karena pada intinya apabila seluruh segi dalam ‘security’ itu terpenuhi dengan baik dan benar, maka environment IT apapun (baik konvensional / On-premise atau Cloud Computing) bisa dikatakan aman. 

Q: Apakah aman simpan data di cloud publik (public cloud) daripada private cloud?
A: Pada prakteknya, penyimpanan data di public cloud terkadang lebih aman daripada penyimpanan pada server fisik atau private cloud. 
    
Dengan dukungan sistem cadangan dan pelapis komprehensif, cloud computing lebih aman dari hal-hal bersifat bencana semisal gempa atau kebakaran sekalipun.