Rumah BUMN hingga UMK Academy, Contoh Pertamina Support UMKM Indonesia

FAZ • Friday, 13 Aug 2021 - 07:50 WIB

Jakarta - Pertamina melaksanakan kegiatan pembiayaan usaha mikro kecil dalam konteks membawa UMKM bisa naik kelas. Salah satunya adalah dengan diberikan pelatihan digital. Hal ini merupakan terobosan baru bagi pelaku UMKM karena dampak yang dialami saat awal pandemi tahun 2020.

"Di tahun 2020 kita menyadari bahwa dengan adanya keterbatasan gerak dan kita juga agak kesulitan untuk mengakses secara langsung, maka satu-satunya jalan adalah menggunakan teknologi," kata Vice President CSR and SMEPP Pertamina, Arya Dwi Paramita saat menjadi pembicara dalam webinar yang diselenggarakan oleh MNC Trijaya FM, Kamis (12/08/2021).

Pertamina bersama dengan usaha mikro kecil yang berada di bawah binaan Pertamina menyelenggarakan beberapa kegiatan. Melalui forum digital, tidak hanya terkait degan pelatihan, pengembangan dan akses pasar saja, pertamina juga membuka peran untuk membangun ketangguhan dari usaha mikro kecil. Ini merupakan salah satu strategi adiktif kepada UMKM agar bertahan di masa pandemi ini.

Dalam webinar "Memperkuat UKM dengan Akses Modal dan Teknologi Informasi" diselenggarakan oleh MNC Trijaya FM dalam memperingati Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus, Arya menyampaikan, BUMN berada di barisan terdepan dalam mendukung UMKM Indonesia.

"Kita lihat di sini sebuah pola pendekatan bagaimana kita mengkombinasikan adanya dukungan dari BUMN kepada usaha mikro kecil agar dapat tangguh dan bertahan disaat pandemi dan kita juga memanfaatkan dukungan dari jejaring Rumah BUMN yang tersebar di Indonesia," tambah Arya.

Pertamina memiliki 30 Rumah BUMN (RB) yang membawahi 9.000 lebih mitra binaan.
Adaptif terhadap wabah Covid-19 terdapat 420 UMKM mitra Rumah BUMN dengan nilai sebesar Rp14.071.614.800. Penjualan produk usaha mikro kecil didukung bantuan pertamina senilai Rp17,16 miliar saat pandemi Covid-19 agar tetap survive menghadapi pandemi.

Hal yang paling sederhana dalam membangun usaha adalah melihat kebutuhan pasar. Pertamina melihat adanya kebutuhan untuk suplemen multivitamin dan obat herbal yang dikonsumsi oleh masyarakat selama pandemi sehingga dapat menjadi ide usaha.

Tak hanya Rumah BUMN (RB) saja yang dilakukan Pertamina untuk mensupport UMKM, tetapi Pertamina juga menyelenggarakan UMK Academy. Ini merupakan bentuk pembinaan UMK agar naik kelas dengan melakukan pembinaan edukasi kurikulum Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Harapannya agar mendapat perubahan kondisi yang lebih baik setelah mengikuti program UMK naik kelas.