Rencana Kenaikan Gaji PNS, Pemerintah Perlu Buat Prioritas Anggaran di Masa  Pandemi

AKM • Monday, 16 Aug 2021 - 10:45 WIB

Jakarta - Rencana kenaikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) menimbulkan pro kontra di masyarakat.. Sebagian kalangan menekankan karena sudah beberapa tahun gaji para abdi negara tidak naik sejak 2019 lalu. Wacana kenaikan gaji ini tercantum dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) tahun anggaran 2022.

Anggota  Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati mengatakan pemerintah sebaiknya dapat  membuat prioritas anggaran pada masa krisis pandemi masih berlangsung saat ini.

“Pemerintah perlu membuat prioritas anggaran di saat krisis pandemi masih berlangsung,”  ujar Anis dalam keterangan terrulis, Jakarta, Senin (16/8).

Rencana kenaikan gaji PNS yang akan diumumkan oleh Presiden pada pembacaan nota keuangan bulan Agustus 2021 ini, baru akan diberlakukan dan disalurkan untuk anggaran tahun 2022. 

Wakil ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI ini juga menyatakan bahwa di satu sisi kenaikan gaji PNS/TNI/POLRI dengan total 4,1 juta jiwa akan mendorong konsumsi rumah tangga. 

“Tapi di sisi lain masih terdapat pekerja lainnya yang perlu dijadikan prioritas. Misalnya, pegawai honorer, pegawai golongan 3 ke bawah, maupun tenaga kesehatan yang berjuang di garda depan melawan covid-19,” katanya. 

Selain itu, Anis menilai di tengah pandemi covid-19 ini masih banyak masyarakat di sektor non-formal dan pegawai yang kena PHK di sektor swasta. 

“Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, dirumahkan, atau gajinya dipotong. Masih sangat banyak masyarakat yang berjuang untuk hidup. Mereka itu banyak jumlahnya dan seharusnya mereka juga mendapatkan perhatian lebih besar,” ungkapnya.

Lalu, Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini menekankan bahwa pemerintah harus membayar semua tunggakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan tunggakan pembayaran rumah sakit terkait penanganan COVID-19. Juga pemerintah harus membayar tunggakan insentif semua tenaga kesehatan. 

“Itu semua mestinya menjadi prioritas pemerintah saat ini. Menaikkan gaji PNS di saat pandemi ini tidak fair untuk masyarakat yang kebanyakan non-PNS. Dikhawatirkan akan meningkatkan ketimpangan sosial terhadap masyarakat kebanyakan,” tegasnya.