Elemen Masyarakat Jogja Gelar Vaksinasi Massal

MUS • Wednesday, 18 Aug 2021 - 14:53 WIB

Yogyakarta - Tiga program utama sebagai upaya menanggulangi pandemi adalah 5M, 3T dan vaksinasi. Selama ini Sambatan Jogja (SONJO) fokus pada 3T, terutama penyediaan shelter-shelter untuk memisahkan antara mereka yang terpapar COVID-19 dengan orang yang sehat. 

Saat ini, SONJO memiliki program SONJO Tetuko sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mempercepat vaksinasi kepada masyarakat. Program SONJO Tetuko dikoordinasikan di WAG SONJO Srikandi, yang menjadi media bagi berbagai elemen masyarakat untuk berkoordinasi dan bergotong royong memercepat vaksinasi di DIY. 

Untuk setiap pelaksanaan vaksin, tentu saja selain diperlukan vaksin, juga nakes, relawan dan lembaga-lembaga yang mendukung operasionalisasi vaksin tersebut. Di  titik inilah, SONJO berkontribusi menggalang para relawan dan juga lembaga/perusahaan yang berkenan mendukung kegiatan vaksin masal. 

Sonjo Sambatan Jogja bersama PKK Prov. DIY, Regoll 400.400, Kodim 0732, Grab, Astra Motor, Lion’s Club Manggala Mataram, BizNet, Quick Traktor, The Alana Yogyakarta dan Saraswanti Indoland Development menggencarkan pelaksanaan vaksinasi gratis Covid-19 di Yogyakarta dengan tema “ Ayo Vaksin, Satu Tekad Menuju Indonesia Sehat “. 

Hal ini merupakan agenda dari percepatan vaksinasi sebagai bagian pengendalian pandemi virus corona. Pelaksanaan penyuntikan vaksin akan dilakukan dengan dua tahap. Tahap penyuntikan pertama pada tanggal 18 - 20 Agustus 2021 dan penyuntikan tahap kedua pada bulan  September 2021 bertempat di Gedung Mataram City International Convention Center (MICC) The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. 

Vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac dengan kuota 3.000 dosis setiap tahapnya. Target dari vaksinasi tersebut adalah pelajar dengan umur 12-17 tahun, masyarakat umum dan pekerja publik  umur 18-50 tahun. Tingginya tingkat vaksinasi dan minat masyarakat akan vaksin sangat berpengaruh intuk mengendalikan pandemi.

Sosialisasi manfaat vaksinasi untuk masyarakat juga terus disosialisasikan agar semua masyarakat mempunyai kesadaran diri dan mengerti tentang pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid-19. (Ron)