Lindungi Persalinan dari Ancaman Covid, POGI Surabaya Gelar Vaksinasi Khusus Ibu Hamil

MUS • Thursday, 19 Aug 2021 - 12:00 WIB

Surabaya -  Peduli dengan kesehatan ibu hamil di masa pandemi covid -19, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia ( POGI )Surabaya menggelar vaksin khusus ibu hamil. Kegiatan yang digelar di Airlangga Convention Center Kampus  C Unair tersebut menyasar 2500 ibu hamil di Kota Surabaya.

Dr.dr Brahmana Askandar SpOG Ketua POGI Surabaya menyampaikan bahwa sesuai dengan kebijakan pemerintah melalui Kemenkes ibu hamil boleh mendapatkan vaksin. Hal ini juga sebagai perlindungan terhadap ibu hamil dari paparan virus covid.

"Kegiatan vaksin untuk ibu hamil ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran kemenkes yang memperbolehkan vaksin untuk ibu hamil. Dengan tujuan melindungi ibu dan anak saat persalinan," ujar Dr. dr. Brahmana Askandar SpOG.

Pemberian vaksin tersebut menurut dr Brahmana hanya bisa dilakukan saat kandungan berusia 3 bulan sampai dengan 33 minggu. Selain itu juga penerima vaksin dipastikan sehat dan tidak mempunyai kelainan.

"Penerima vaksin adalah ibu hamil yang usia kehamilannya sudah mencapai 3 bulan sampai dengan 33 pekan,  dimana fase pembentukan janin sudah terjadi. Diharapkan saat persalinan diusia kandungan 37 pekan, ibu dan anak terproteksi dari ancaman covid," lanjut dokter yang juga menjabat sebagai Ketua IDI Surabaya.

Vaksinasi massal untuk ibu hamil yang berlangsung pertama kali di Surabaya tersebut disambut antusias. Erna salah satu peserta vaksin menyampaikan terima kasihnya kepada POGI Surabaya. Selama ini dirinya bingung dimana harus vaksin, karena beberapa kali mencoba ikut selalu ditolak karena hamil. Erna mengaku khawatir dengan kondisinya yang hamil dimasa pandemi covid -19. Tanpa vaksin ada ketakutan terpapar dan bisa mengancam jiwanya saat persalinan.

"Alhamdulilah program vaksin dari POGI ini sangat membantu mengurangi rasa khawatir saya saat persalinan nanti. Karena saya mendengar angka kematian akibat covid saat persalinan tinggi.  Sekali lagi terima kasih POGI atas inisiasi vaksin untuk ibu hamil," lanjut warga Mulyorejo tersebut.

Sementara itu ditempat terpisah Walikota Surabaya Eri  Cahyadi menyampaikan apresiasi terhadap POGI yang menyelenggarakan vaksin untuk ibu hamil. Langkah tersebut menurut Walikota Surabaya membantu Pemkot Surabaya  dalam upaya percepatan vaksinasi menuju herd immunity.

"Apresiasi Pemkot Surabaya untuk program vaksinasi ibu hamil. Insyaallah langkah ini akan bermanfaat dan membantu Pemkot Surabaya melakukan percepatan vaksin agar tercapai herd immunity," pungkas Eri Cahyadi. (Her)