Berlanjut, Wali Kota Kendari Serahkan Bantuan Program Perbaikan Rumah di Dua Kelurahan

MUS • Friday, 20 Aug 2021 - 16:36 WIB

Kendari - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir kembali menyerahkan bantuan program perbaikan rumah kepada masyarakat dalam bentuk Buku Tabungan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Perumahan Kota Kendari Tahun 2021 kepada 16 warga di Kelurahan Kemaraya dan 16 warga di Kelurahan Kendari Caddi, Jumat (20/8/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Kendari menjelaskan bahwa program BSRS ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki penghasilan yang rendah agar dapat memperbaiki rumahnya sehingga lebih layak untuk ditinggali bersama keluarga. 

Mengingat rumah adalah tempat untuk beristirahat bersama keluarga setelah beraktivitas diluar rumah. Sehingga Dirinya meminta kepada masyarakat yang menerima bantuan tersebut untuk dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin dan sesuai dengan peruntukannya.

“Kita harapkan bahwa masyarakat yang kondisi ekonominya terbatas dapat terbantu untuk memperbaiki rumahnya. Sehingga kami berharap agar dana yang bapak dan ibu terima hari ini dapat digunakan untuk memperbaiki rumah, apakah untuk memperbaiki atap, dinding, toiletnya, atau apapun kekurangan di rumahnya," harap Wali Kota. 

Diketahui, program BSRS ini akan diberikan secara bertahap kepada warga yang menerima, dengan rincian sebanyak 25% dari total jumlah bantuan yang akan diberikan akan ditransfer di awal, lalu tahap kedua akan ditransfer 45%, dan yang sisanya 30% akan ditransfer diakhir. Hal ini dimaksudkan agar bantuan tersebut benar-benar digunakan oleh warga untuk membenahi rumahnya, dan pihak Pemkot Kendari akan memastikan proses pembenahan rumah warga setelah menerima bantuan tersebut.

Sementara itu, Kadis Perumahan, Kawasan, Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang, mengatakan pada tahun 2021 ini, Kota Kendari mendapatkan DAK  untuk perbaikan rumah untuk 96 warga di  6 kelurahan.

Kegiatan ini tak lepas dari perwujudan Visi Kota Kendari untuk Mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni yang berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi  yang salah satu misinya yakni Menata Wajah Kota. (HenQ)