Elektabilitas Tinggi, Ganjar Dapat Dukungan Penuh dari Relawan di Papua dan Papua Barat

ANP • Monday, 23 Aug 2021 - 19:48 WIB

MANOKWARI - Relawan Sahabat Ganjar Kabupaten Monokwari bersama koordinator Papua Barat siap mendukung penuh Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024-2029. 

Mereka baru saja mendeklarasikan dukungan penuh bagi Gubernur Jawa Tengah dengan dihadiri sejumlah masyarakat yang sangat antusias meneriakkan yel-yel "Sahabat Ganjar".

Ketua umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani menilai hal itu adalah wajar karena belakangan ini sejumlah lembaga riset di Indonesia mendapatkan hasil bahwa elektabilitas Ganjar sebagai calon presiden 2024-2029 meraih posisi teratas.

"Sebagai relawan kami juga yakin mendukung Pak Ganjar. Karena kami yakin dengan sosok Beliau sebagai pemimpin masa depan bangsa ini," ujar Lenny.

Baru-baru ini, Lembaga Survei Charta Politika merilis survei terkait elektabilitas tokoh yang layak menjadi presiden.

Hasil survei dengan simulasi elektabilitas tokoh yang mencakup banyak nama menunjukan nama Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi yang kemudian disusul oleh nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Para responden diberikan pertanyaan “Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini?”.

Dari banyak sekali nama yang diuji, berdasarkan hasil survei 12 Agustus 2021, pola pertama dipimpin oleh Ganjar Pranowo dengan 16,2 persen, kedua Prabowo Subianto dengan 14,8 persen, yang ketiga Anies Baswedan dengan 14,6 persen.

Charta Politika juga mendapat hasil bahwa  perihal elektabilitas Ganjar tertinggi di antara 10 calon presiden lainnya.

Hasil survei memaparkan nama Ganjar Pranowo mendapat angka 20,6 persen, Anies Baswedan 17,8 persen, dan Prabowo Subianto 17,5 persen.

Sebelumnya,  Survei New Indonesia Research & Consulting melakukan survei pada pada 21 hingga 30 Juli 2021 dengan sambungan telepon kepada 1.200 orang responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019, dengan "margin of error" sekitar 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya? Posisi pertama pada survei ini ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sedangkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersaing ketat pada urutan kedua dan ketiga.

"Jadi, kami memang tak salah mendukung Ganjar," imbuh Lenny.

Sebagai informasi, Sahabat Ganjar mendeklarasikan Ganjar Pranowo Maju pada Pilpres 2024, mendatang. Aksi dilakukan secara serentak di 51 kota yang tersebar di 34 Provinsi. Berbagai kegiatan dilakukan saat pendeklarasian tersebut.

Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani menerangkan relawan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat ini mengisi acara deklarasi dengan berbagai kegiatan unik, serta membagikan ribuan paket sembako dan masker kepada warga terdampak pandemi.

“Sahabat Ganjar hadir dengan semangat gotong royong dan kerja bersama agar Indonesia kuat menghadapi berbagai persoalan bangsa. Saat ini adalah pandemi. Kami menebarkan semangat yang selama ini digaungkan Ganjar tersebut di 51 kota pada 34 provinsi di Indonesia,” katanya, Minggu (22/8/2021).

Lebih lanjut, Lenny menjelaskan bahwa tujuan deklarasi serentak ini adalah untuk konsolidasi agar bisa bersinergi dan bergerak bersama sesuai visi dan misi Sahabat Ganjar. Yaitu mengusung Ganjar Pranowo untuk maju pada pilpres 2024 mendatang. Serta, Sahabat Ganjar dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyebarluaskan semangat kepemimpinan Ganjar ke masyarakat luas.

“Sebagai sosok yang dekat dengan berbagai elemen masyarakat termasuk anak muda, Ganjar merupakan pemimpin yang ramah, merakyat, dinamis, dan mengedepankan dialog. Sahabat Ganjar akan secara nyata mendukung Ganjar untuk maju pada pilpres 2024,” tutupnya.

Deklarasi berdirinya Sahabat Ganjar sendiri telah dilaksanakan di Yogyakarta pada 20 Juni 2021. Kemudian diperluas hingga 34 provinsi di 51 kota di Indonesia.

Adapun 51 kotanya Bireun, Medan, Bukittinggi, Pekanbaru, Batam, Jambi, Argamakmur, Palembang, Bangka Belitung, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bogor, Kuningan, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Bandung, Cirebon, Semarang, Kedu, Banyumas, Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Mojokerto, Bojonegoro, Malang, Surabaya, Denpasar, Praya, Sabu Raijua, Manggarai, Kubu Raya, Banjarmasin, Kotabaru, Tarakan, Palangkaraya, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Manado, Makassar, Kendari, Polewalimandar, Palu, Gorontalo, Tobelo, Ambon, Manokwari, Jayapura, dan Blitung

Sekilas Tentang Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar adalah kelompok relawan yang dibentuk pada 20 Juni 2021. Terdiri dari berbagai elemen masyarakat, Sahabat Ganjar hadir untuk membantu mensosialisasikan semua informasi tentang Ganjar Pranowo yang mampu membangun sentimen positif di masyarakat. Juga merekatkan nasionalisme di seluruh masyarakat, serta membangun masyarakat yang cerdas dan berbudaya luhur melalui penanaman nilai-nilai budaya dan norma sosial agar bangsa Indonesia menjadi besar dan dihormati di mata internasional.

Sahabat Ganjar mendapat dukungan masyarakat yang tergabung dalam Whatsapp Group Sahabat Ganjar, sosialisasi, dan informasi semua tersebar melalui website dan Whatsapp Group Sahabat Ganjar. (ANP)