Resmi Dibuka Hari ini, Paviliun Indonesia Hadir dalam Gelaran Devcom Developer Conference (DDC) 2021

ANP • Monday, 23 Aug 2021 - 20:09 WIB

Jakarta – Paviliun daring Indonesia di event Gamescom Global 2021 akan dibuka secara resmi pada hari ini, Senin, 23 Agustus 2021, hingga Jum’at, 27 Agustus 2021. Sekitar 30 (tiga puluh) peserta delegasi Indonesia akan menampilkan karya-karya terbaiknya dalam bidang game developing, game publishing dan game service di pentas salah satu pameran dagang serta eksibisi video game terbesar dan terkemuka di dunia. Ketiga puluh peserta ini direncanakan akan berpartisipasi dalam sub-event bertajuk Devcom Developer Conference (DDC), sebuah event Business to Business (B2B) dan Business Matching yang akan menghubungkan para partisipan yang terlibat dengan berbagai macam investor serta publisher game kelas dunia. Penyelenggaraan paviliun Indonesia di event ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg.

Dalam gelaran DDC 2021 kali ini, selain berkesempatan untuk menampilkan karya serta produk terbaik mereka di depan audiens internasional, 30 (tiga puluh) peserta delegasi Indonesia yang akan mengisi virtual pavilion Indonesia ini juga diagendakan akan mengikuti kegiatan business to business (B2B) meeting melalui fitur business matching, random networking dan networking events yang diakomodir oleh pihak panitia DDC. Selain mencari peluang bisnis, para delegasi juga dapat menikmati fasilitas Master Classes, Summits serta Conference yang ditujukan bagi peserta yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis mereka melalui aktivitas pelatihan, webinar serta workshop yang diberikan oleh para game industry expert internasional.

Dan untuk semakin memaksimalkan peluang bisnis yang didapat di event DDC, para delegasi juga akan diberikan akses untuk berpartisipasi dalam kegiatan MeetToMatch – The Cologne Edition 2021, sebuah platform independen, yang diselenggarakan bersamaan dengan event DDC, yang akan mempertemukan para delegasi dengan pelaku bisnis internasional di industri game global dalam layanan matchmaking business. Para investor atau pelaku bisnis ini juga biasanya adalah partisipan di dalam event DDC sendiri.

Lebih lanjut, paviliun daring Indonesia tidak hanya akan menyajikan produk serta karya industri game lokal melalui kehadiran para delegasi saja. Virtual pavilion Indonesia juga akan menampilkan materi-materi promosional serta publikasi produk lainnya dari industri game Indonesia, sembari juga akan mempromosikan ekosistem industri game lokal secara menyeluruh. Selain materi promosi digital yang berbentuk video maupun flyer, paviliun Indonesia juga akan menyajikan sesi talkshow, presentasi, twitch show serta demo play yang akan diampu oleh Asosiasi Game Indonesia, dengan dibantu oleh Kemenparekraf, Atase Perdagangan KBRI Berlin serta ITPC Hamburg. Ditujukan kepada audiens global yang berpartisipasi dalam gelaran DDC, sesi-sesi ini dimaksudkan untuk meningkatkan promosi industri game lokal sekaligus engagement dengan audiens internasional. Sesi talkshow pertama sendiri, dengan tema “Deep Dive into Indonesia Game Industry” akan diselenggarakan pada pembukaan paviliun di tanggal 23 Agustus 2021, dengan pembicara Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman, Bapak Arif Havas Oegroseno dan Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno.

Berikut adalah daftar delegasi Indonesia pada gelaran DDC 2021:

  1. 4happy Studio
  2. Agate
  3. Algorocks
  4. Arsanesia
  5. Ayoo Kreasi
  6. Big Fire Studio
  7. Engram Interactive
  8. Extra Life Entertainment
  9. Gambir Studio
  10. GameChanger Studio
  11. GOCpay
  12. JEVO Games
  13. Joyseed Gametribe
  14. Kawarna Studio
  15. Lyto
  16. MelonCat
  17. Miracle Gates Entertainment
  18. Niji Games
  19. Pendopo Studio
  20. PT Megaxus Infotech
  21. PT Melon Indonesia
  22. Rainman Studios
  23. Rolling Glory Jam
  24. Satriver Studio
  25. Seraph Games
  26. SLAB
  27. UNIQX Studio
  28. Vertwo
  29. Wisageni Studio
  30. Xelo Games

Gamescom Global adalah event pameran dagang serta eksibisi game terkemuka di dunia yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 Agustus 2021. Event ini seringkali dijadikan benchmark bagi penyelenggaraan event serupa di kawasan dunia lain, serta konten di dalamnya juga seringkali menjadi barometer perkembangan industri game global. Pada penyelenggaraannya tahun ini, event ini dilangsungkan secara hybrid (daring dan luring).

Informasi lebih lanjut mengenai ajang Devcom Developer Conference (DDC) 2021 ini bisa didapatkan di situs resmi https://devcom.global, atau dengan menghubungi contact@agi.or.id. (ANP)