Bank Sampoerna Bersinergi dengan KSP Sahabat Mitra Sejati, dan Kepolisian Berbagi Sembako di 34 Kota

ANP • Monday, 23 Aug 2021 - 20:22 WIB

JAKARTA - Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati kembali bersinergi bersama Dinas Koperasi dan Kepolisian setempat untuk melakukan aksi kepedulian di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini. Aksi kepedulian yang dinamakan Peduli Komunitas ini berupa pembagian paket sembako serentak dilakukan di 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati dan 17 cabang Bank Sampoerna di seluruh Indonesia yang mencapai hingga 20.000 paket sembako.

Bank Sampoerna cabang Sampoerna Strategic melaksanakan kegiatan ini pada tanggal 20 dan 23 Agustus 2021 yang berlokasi di Kantor Polsek Setiabudi.

Hadir dalam cara tersebut, I Made Pande Cakra selaku Ketua II KSP Sahabat Mitra Sejati yang menyerahkan secara simbolis paket sembako tersebut dan langsung diterima oleh Kapolsek Setiabudi, Komisaris Polisi (Kompol) Beddy Suwendi. Turut hadir Danramil Kecamatan Setiabudi, Mayor Inf. Jefri M Tampubolon dan Lurah Karet Semanggi, Ahmad Yani.

Kepala Cabang Bank Sampoerna Stratregic Square, Fran menyampaikan bahwa gerakan ini merupakan inisiatif atas keprihatinan terkait kondisi merebaknya wabah Covid-19 di seluruh Indonesia. Penerima bantuan difokuskan kepada masyarakat yang terdampak pandemi baik secara finansial, seperti pekerja harian lepas dan masyarakat kurang mampu di lingkungan kantor Bank Sampoerna dan KSP Sahabat Mitra Sejati .

“Inisiatif ini kami lakukan dengan memberikan sebanyak 600 paket sembako di wilayah Jakarta Selatan. Mendukung pendistribusian sembako ini, Kami bekerja sama dengan nasabah dalam pengadaan paket sembako di masing-masing wilayah, sehingga pemberdayaan UMKM dapat dilakukan secara merata serta lebih banyak yang menerima manfaatnya. Selain nasabah, kami juga bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian dalam penyaluran ini,” ujar Fran

Lebih lanjut Fran menjelaskan bahwa ke 17 cabang Bank Sampoerna tersebut antara lain Jakarta, Palembang, Medan, Pekanbaru, Bandung, Pontianak, Makassar, Surabaya, Malang, Sorong, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Jayapura, Palopo, Gading Serpong dan Jababeka.

Menyinggung soal kinerja, Bank Sampoerna sendiri hingga Maret 2021 total kredit yang disalurkan relatif tidak berubah yakni sebesar Rp 8,2 triliun. Sementara itu total asset Bank Sampoerna meningkat sebesar 21% menjadi Rp 13,2 triliun dibandingkan dengan kondisi per Maret 2020. Penghimpunan Dana Pihak Ketiga pada akhir Maret 2021 meningkat 21% hingga berjumlah Rp 11,0 triliun bila dibandingkan dengan Maret 2020. Secara keseluruhan Bank Sampoerna juga membukukan kinerja yang cukup baik. Laba bersih meningkat 13% menjadi Rp 11,1 miliar.

KSP Sahabat Mitra Sejati adalah mitra strategis dari Bank Sampoerna yang memiliki lebih dari 90 kantor cabang yang menyebar diseluruh Indonesia. Bank yang dimiliki oleh grup Sampoerna Strategic dan Alfa ini berfokus untuk melayani UMKM. Sebagai mitra strategis, selain memiliki kerja sama operasional, Bank Sampoerna juga memberikan dukungan likuiditas bagi KSP Sahabat Mitra Sejati. Bahkan lebih dari itu, Bank Sampoerna juga membagikan keahlian maupun pengetahuan teknis hingga KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki kemampuan pengelolaan risiko, manajerial, serta

teknologi yang representatif dalam mendukung kegiatan usaha dan dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya di Indonesia. (ANP)