BPJS Kesehatan Tinjau Efektifitas Sistem Antrean Online di RSUD Budi Asih Jakarta

ANP • Tuesday, 24 Aug 2021 - 08:47 WIB

Jakarta  –   Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jabodetabek Bona Evita memastikan implementasi sistem antrean online di rumah sakit/FKRTL berjalan dengan baik bagi peserta Program JKN-KIS. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah peserta dalam mendapatkan pelayanan Kesehatan.

“Kami mengapresiasi RSUD Budi Asih yang telah menjalankan sistem antrean online. Dengan implementasi antrean online ini, diharapkan akan mempermudah peserta dalam mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan. Peserta juga tidak perlu datang langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan nomor antrean, tapi cukup dengan menggunakan fitur antrean online pada aplikasi Mobile JKN, yang dapat diakses dari rumah sehingga memangkas waktu tunggu peserta,” terang Bona saat berkunjung ke RSUD Budi Asih, Selasa (23/08/2021).

Bona menjelaskan, BPJS Kesehatan terus mengembangkan layanan yang dapat diakses oleh peserta di fasilitas Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Pada fitur Pendaftaran Pelayanan yang terdapat di dalam aplikasi tersebut, peserta dapat memperoleh nomor antrean di Puskesmas maupun rumah sakit tanpa harus datang ke tempat tujuan.

“Peserta  tidak perlu datang pagi-pagi ke FKTP untuk mendapatkan nomor antrean, sekarang sudah ada Mobile JKN yang memudahkan peserta agar bisa mendapatkan nomor antrean baik di klinik atau Puskesmas,  sehingga peserta bisa memperkirakan kapan dipanggil  untuk pemeriksaan oleh dokter  tanpa menunggu lama di rumah sakit,” jelas Bona.

Dirinya mengatakan, sistem antrean online yang telah diimplementasikan di RSUD Budi Asih ini bisa memberikan dampak positif bagi peserta dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Selain itu, sistem antrean online juga telah dilakukan interkoneksi atau bridging sistem informasi terbaru antara BPJS Kesehatan dan RSUD Budi Asih.

“Kami berterima kasih kepada seluruh rumah sakit, khususnya RSUD Budi Asih yang telah mengimpelementasikan sistem antrean online. Harapannya, seluruh rumah sakit mitra BPJS Kesehatan mengikuti langkah yang dilakukan RSUD Budi Asih dalam penerapan sistem antrean online sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta semakin baik,” tambah Bona.



Pada kesempatan tersebut, Direktur RSUD Budhi Asih Tri Noviati menyampaikan bahwa RSUD Budi Asih berkomitmen untuk terus mendukung penyelenggaraan Program JKN-KIS. Melalui inovasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan, pihaknya siap mengintegrasikan inovasi tersebut sehingga bisa memberikan layanan terbaik kepada peserta yang datang.

“Semoga pengguna sistem antrean ini terus bertambah. Apalagi pada saat tahun lalu, awal pandemi Covid-19 muncul, banyak peserta yang menanyakan cara mengambil antrean online. Saat itu pasien cenderung takut jika berlama-lama berada di fasilitas kesehatan,” ujarnya.(ANP)