GUSDURian Peduli Berikan Bantuan Ambulance Laut Untuk Warga Daerah Kepulauan di Indonesia

MUS • Wednesday, 25 Aug 2021 - 14:24 WIB

Surabaya - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Total pulau kita sebanyak 17.508. Setidaknya 16.771 pulau memiliki nama, dan 6000 pulau yang berpenghuni. Dari semua pulau tersebut ada 111 pulau yang masuk kategori pulau kecil terluar.

Namun demikian kondisi warga yang tinggal di kepulauan berbanding jauh dengan kondisi warga yang tinggal di daratan. Mereka menghadapi banyak keterbatasan dalam hal akses ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini,  jangankan untuk mendapatkan vaksin dan oksigen, untuk mencari masker saja mereka kesulitan. Akibatnya tak sedikit dari warga di kepulauan yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 tanpa sempat mendapatkan penanganan medis yang selayaknya. 

Kondisi ini adalah hasil temuan para relawan GUSDURian Peduli saat menyalurkan bantuan untuk warga masyarakat yang terdampak Covid-19 di beberapa daerah kepulauan di Indonesia, salah satunya di kepulauan timur Madura, khususnya di Pulau Pagerungan.

Di Pulau Pagerungan fasilitas kesehatan hanya setingkat Puskesmas Pembantu. Sedangkan tenaga kesehatan sangat terbatas apalagi setelah banyaknya tenaga kesehatan yang tumbang akibat terpapar Covid-19. Sementara rumah sakit rujukan sangat jauh dari jangkauan. Butuh waktu 12 jam untuk sampai di Rumah Sakit rujukan dengan moda angkutan kapal laut. 

Menurut Muhammad Yunus, salah seorang relawan GUSDURian Peduli yang ada di Pulau Pagerungan, Kapal penumpang umum menolak untuk mengangkut pasien Covid-19 karena takut menular kepada penumpang yang lain. Sementara jika menyewa kapal sendiri biayanya sangat mahal.Oleh karena itu Ambulance Laut sangat dibutuhkan oleh warga untuk mempercepat proses rujukan.

"Warga di kawasan kepulauan sangat susah saat seperti ini. Jika sakit semua kapal enggan mengangkut karena takut tertular. Dengan ambulance laut sangat membantu masyarakat kepulauan untuk mendapatkan layanan kesehatan, khususnya selama masa pandemi covid," ujar Yunus.

Berangkat dari kondisi tersebut, GUSDURian Peduli berinisiatif untuk menggalang bantuan Ambulance Laut bagi warga masyarakat yang ada di daerah kepulauan. Menurut Ketua Umum GUSDURian Peduli, A’ak Abdullah Al-Kudus, untuk awal ini pihaknya akan menyumbangkan 2 unit Ambulance Laut.

Satu unit sudah disumbangkan di Pulau Pagerungan, Sumenep, Madura untuk mengcover wilayah Pulau Pagerungan dan Sapeken. Dan satunya lagi akan disumbangkan di Larantuka, Flores Timur, untuk mengcover pulau Adonara, Solor dan Lembata.

"Alhamdulilah GusDurian Peduli bisa membantu keinginan masyarakat kepulauan untuk mempunyai ambulance laut. Ada 2 yang saat ini kita kirimkan ke Madura dan Flores," ujar Gus Aak.

Pembelian Ambulance Laut ini berasal dari hasil penggalangan donasi yang dilakukan oleh selebgram Rachel Venya di platform kitabisa.com. Selain juga dukungan dari masyarakat dan keluarga besar GusDurian yang senantiasa hadir membantu saudara di Indonesia yang membutuhkan uluran tangan.

"Alhamdulilah pengadaan ini juga bantuan dari selegram dan juga dukungan masyarakat luas yang peduli dengan sesamanya," lanjut Gus Aak yang juga aktivis pegiat pelestarian alam ini. (Her)