Wakil Bupati Sleman Lepas Ekspor Salak Pondoh ke Kamboja

MUS • Friday, 27 Aug 2021 - 17:32 WIB

Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Sugeng Purwanto didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono melepas truk kontainer muatan buah salak yang akan diekspor ke Kamboja, Kamis (26/8). Pelepasan secara simbolis dilakukan dengan pemecahan kendi di Kantor CV Mitra Turindo, Imorejo, Wonokerto, Turi. 

Suroto, Ketua Paguyuban Petani Salak Pondoh yang tergabung pada CV Mitra Turindo sebagai eksportir salak pondoh menjelaskan ekspor salak sudah dilakukan pihaknya sejak tahun 2017 sebanyak 150 ton. Kemudian pada tahun 2018 meningkat 350 ton  dan 2019 mampu mengekspor 650 ton. Namun  pada tahun 2020, ketika pandemi covid-19 mulai masuk Indonesia, membuat  ekspor  buah salak menurun  menjadi 160 ton saja karena terkendala terbatasnya transportasi untuk ekspor. 

Perlahan  pada tahun  2021 sudah dapat  melakukan ekspor kembali melalui jalur laut. "Alhamdulillah pada tahun 2021 ini  perlahan-lahan bisa kembali mengekspor salak ke Kamboja 5 ton per minggu dengan kapal laut, harapannya jalur udara segera dibuka sehingga ekspor dapat meningkat kembali, " jelas Suroto. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Sugeng Purwanto menjelaskan bahwa salak menjadi salah satu dari dua komoditi di DIY yang sudah tembus ekspor. "Salak Pondoh Sleman dan Gula Semut Kulon Progo menjadi dua komoditas di DIY yg sudah tembus pasar ekspor dengan angka rata-rata Rp 53 Milyar per tahun, " kata Sugeng. 

"Kami akan bahu membahu untuk mencoba peremajaan tanaman salak, perluasan lahan dan menarik minat generasi milenial untuk terjun pada hortikultura ini, " tambah Sugeng. 

Sementara itu Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyampaikan bahwa buah salak menjadi salah satu ikon Kabupaten Sleman. Menurutnya luas lahan pertanian salak di Kapanewon Turi, Tempel dan Pakem saat ini kurang lebih 3000 hektar dan yang masih aktif berkisar 1500 hingga 2000 hektar. Dari luas lahan tersebut digarap oleh 34 Kelompok Petani Salak. 

Danang mengatakan dengan adanya aktivitas ekspor ini diharapkan mampu membangkitkan lagi semangat petani Salak di Sleman. "Peluncuran ekspor ini saya harap dapat kembali mendekatkan petani untuk bersemangat meningkatkan produktivitas salak, jika nanti dibutuhkan peremajaan, pendampingan dan lainnya kami (Pemkab Sleman) bersama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY siap, " ujar Danang. (Ron)