Silaturahmi Dengan MNC Media, Pangkoarmada II Mengudara di MNC Trijaya Surabaya

MUS • Monday, 30 Aug 2021 - 13:15 WIB

Surabaya - Sebagai upaya menjalin silahturahmi di bidang komunikasi dan meningkatkan peran media massa dalam penyebaran informasi yang berkaitan dengan tugas dan eksistensi Komando Armada II  (Koarmada II) yang berada di wilayah Jawa Timur, Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, didampingi Kadispen Koarmada II Kolonel Alif mengunjungi MNC Tower Surabaya di Jln Tais Nasution no. 21,  Senin (30/8).

Kehadiran Pangkoarmada II diterima langsung oleh Kabiro MNC Media Surabaya, Ahmad Willyanto, dan awak media MNC Group. Kunjungan ini dilaksanakan karena keberadaan media massa khususnya media elektronik baik TV maupun radio memiliki posisi yang penting dalam kehidupan masyarakat. Karena dapat mempengaruhi khalayak melalui pesan berupa informasi, hiburan, pendidikan maupun pesan-pesan lainnya dan dapat dijangkau masyarakat secara luas.

Disamping melakukan kunjungan media, Pangkoarmada II juga berkesempatan menjadi narasumber mengenai peran Koarmada II dalam program penanganan pandemi Covid-19, dalam program siaran Trijaya Siang di 104.7 dipandu oleh Cak Hilman dan Cak Wawan.

Laksda Iwan secara gamblang menjelaskan tentang peran TNI AL khususnya Koarmada II membantu pemerintah provinsi dan kabupaten dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, yang dilaksanakan secara masif dengan tujuan mengatasi serta meringankan beban masyarakat, membangun herd immunity serta menekan dan mengendalikan penyebaran virus global tersebut.

"Kita akan maksimalkan tugas kita agar herd immunity tercipta dan bisa memutus mata rantai covid-19," ujar Laksda Iwan.

Adapun upaya nyata selama ini yang telah dilakukan Koarmada II sesuai perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, antara lain Serbuan Vaksinasi khususnya untuk masyarakat maritim, termasuk mereka yang berada di pulau-pulau terpencil yang sulit dijangkau oleh instansi lain karena kendala transportasi laut. 

Koarmada II juga membentuk Satgas Bantuan Oksigen gratis karena memiliki kapal yang dapat memproduksi oksigen murni, kemudian melaksanakan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Reguler karena prajurit Koarmada II juga banyak yang menjadi penyintas Covid-19. Selain itu Koarmada II aktif dalam Operasi Penegakan Protokol Kesehatan, PPKM, Tracing dan Testing. Serta menyiapkan sejumlah fasilitas perawatan dan isolasi bagi prajurit dan masyarakat yang terpapar baik di Pendirat maupun di Kapal.

"Semua yang kita lakukan, dari serbuan vaksin, penyediaan oksigen gratis hingga pembagian sembako adalah perintah langsung dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai wujud nyata TNI AL dalam membantu pemerintah menangani covid," lanjut Pangkoarmada II.

Pangkoarmada II menyampaikan pesan jika pandemi Covid-19 adalah momentum yang sangat baik untuk memperkuat persatuan, kesatuan, dan semangat gotong royong. Kemudian jangan mudah mempercayai informasi yang belum teruji kebenarannya dan cenderung menimbulkan kebingungan dan keresahan masyarakat. Karenanya jadilah bagian dari solusi, jangan malah menjadi bagian dari masalah. (Her)