Ribuan Mahasiswa Luar DIY Ikuti Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika

MUS • Monday, 30 Aug 2021 - 16:24 WIB

Yogyakarta - Vaksinasi dosis pertama sinovac yang diselenggarakan Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia bertajuk Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika pada Senin dan Selasa 30 - 31 Agustus 2021 di Sasono Hinggil Kraton Yogyakarta bakal berlangsung semarak.

Peserta vaksin yang adalah para mahasiswa luar DIY. Sebagian diantaranya hadir mengenakan busana adat daerah masing-masing. Tampil pula pertunjukkan gamelan Sunda dan tari Bali serta defile bregada rakyat Yogyakarta.

Tercatat ada 1.500 mahasiswa luar DIY dari seluruh provinsi di Indonesia serta 500 masyarakat umum yang telah mendaftar vaksin. Antusias para mahasiswa daerah memperoleh vaksin sangat tinggi. Hanya setengah hari pendaftaran dibuka kuota 2.000 orang langsung penuh.

Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengungkapkan program vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika adalah upaya GKR Indonesia turut mendukung Pemerintah DIY dalam menjangkau kalangan mahasiswa luar daerah yang tengah belajar di Yogyakarta. Hal itu untuk menjaga keselamatan mereka sebagai generasi masa depan.

Tema Bhinneka Tunggal Ika  dipilih sebagai upaya GKR Indonesia ikut merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih saat pandemi global covid 19 seperti saat ini, semangat kebersamaan dan gotong royong diantara segenap komponen warga sangat diperlukan.  

Pelaksanaan Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika terasa spesial karena berbarengan dengan momentum peringatan tahun ke sembilan disyahkannya Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta No 13 Tahun 2012.

Hal ini menurut GKR Hemas perlu terus diingatkan karena salah satu tujuan keistimewaan DIY sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 5 ayat 1 huruf c adalah "Mewujudkan tata pemerintahan dan tatanan sosial yang menjamin ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia." Amanat Undang-Undang ini wajib diimplementasi dalam praktek nyata. (Ron)