Diskominfo Sultra Bahas Koordinasi Analysis Website Resmi Pemprov

MUS • Wednesday, 1 Sep 2021 - 14:13 WIB

Kendari - Rapat terbatas membahas koordinasi Analysis website resmi pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan rencana penambahan website resmi 8 (delapan) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) digelar Dinas Kominfo Sultra, Rabu (1/09/2021)

Rantas tersebut dipimpin Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah, melibatkan langsung secara teknis Technos Studio untuk penataan kembali konten berdasarkan hasil analysis setelah tiga bulan mengudara (online). 

Analysis ini dilakukan juga bidang terkait seperti bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Informasi Komunikasi Publik (IKP) dan Persandian, sehingga penataan konten website dapat dieksekusi langsung oleh pihak Technos Studio yang merupakan mitra Diskominfo Sultra berjalan seperti yang diharapkan.

Selain itu, dalam rapat tersebut, Ridwan Badallah juga memaparkan aplikasi master data terintegrasi khusus pemutakhiran data pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara terpisah dengan aplikasi satu data Indonesia, namun TERINTEGRASI. Berdasarkan corelasi system, Aplikasi SIMDATA BUKA INFO sebagai source utama SATU DATA INDONESIA. Secara general proses pengolahan SIMDATA BUKA INFO telah baku sebelum melalui proses output ke SATU DATA INDONESIA.

Diketahui sebelumnya, Diskominfo Sultra mengadakan pertemuan dengan 5 OPD Untuk mengkoordinasikan persiapan penandatanganan MOU terkait integrasi aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah, Selasa (31/8/2021).

Aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah ini sangat penting karena membantu dalam pengelolaan data, sehingga mengurangi kerja secara manual.

"Aplikasi ini juga mendukung keterbukaan informasi ( SIMDATA BUKA INFO) sehingga memudahkan dalam mengelolah data," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulawesi Tenggara Ridwan Badalla.

Faktor pendukung SIMDATA BUKA INFO adalah Penguatan Infrastruktur (Server dan pendukungnya), Jaringan (Internet – AstiNet), Aplikasi Pendukung (Software), dan Sumberdaya Manusia (Brainware). 

Ridwan Badallah mengatakan ada 5 OPD yang saya temui untuk melakukan koordinasi persiapan MOU terkait integrasi aplikasi sistem informasi pemerintahan, yaitu BKD Prov Sultra, Dinas Perhubungan Sultra, Satpol Pamong Praja, Disdukcapil dan Biro Pembangunan sekda Prov. Sultra.

Ridwan juga menjelaskan SIMDATA BUKA INFO yang ia gagas merupakan proyek perubahan rancangan dalam Diklat PIM II yang pernah dia ikuti. (HenQ /Diskominfo Sultra)