Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PJB Raih Penghargaan Internasional

MUS • Friday, 3 Sep 2021 - 18:59 WIB

Surabaya - PT PJB berhasil meraih penghargaan internasional, Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) atas program binaan Unit Pembangkitan (UP) Gresik, CSR Pijar Berdaya- Social Innovation and Women Enterpreneurship. Penganugerahan penghargaan dilakukan pada 2 September 2021 melalui daring akibat pandemi yang belum berakhir. Prestasi ini adalah kali kelima bagi PJB setelah 4 tahun sebelumnya PJB mendapatkan penghargaan yang sama secara berturut-turut. 

Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) diselenggarakan oleh lembaga internasional Enterprise Asia untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan terbaik dan kompetitif di Asia yang telah menerapkan praktek bisnis yang berkelanjutan dan bertanggungjawab dalam 7 kategori, antara lain adalah Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership and Responsible Business Leadership. 

Tahapan seleksi program dan administrasi dilakukan sejak bulan April lalu. PT PJB mendapatkan kesempatan untuk presentasi program dan wawancara secara daring bersama dengan juri (audit interview) dari berbagai negara pada tanggal 9 Juli 2021. Tahapan ini dilakukan untuk menggali lebih dalam dan mendapatkan gambaran yang utuh serta menilai  dampak dan signifikansinya bagi perusahaan dan masyarakat atas program yang diajukan. Melalui seleksi dan penilaian atas kelayakan program, PJB UP Gresik berhasil menjuarai AREA tahun 2021 dalam kategori Social Empowerment. 

Menurut Direktur Utama PT PJB, Gong Matua Hasibuan, keberhasilan PJB meraih penghargaan ini adalah bukti bahwa perusahaan memiliki kepedulian yang tinggi tak terkecuali dalam kewajiban dan tanggung jawab sosial dan lingkungannya terutama terhadap masyarakat sekitar.

 “AREA merupakan salah satu penghargaan CSR bergengsi di tingkat International dengan penilaian atas perusahaan yang memiliki program CSR yang inovatif. Penghargaan ini memberikan motivasi kepada PT PJB untuk terus melakukan inovasi dalam berbagai program CSR yang berkelanjutan sehingga memberikan dampak yang luas bagi masyarakat, terutama di sekitar wilayah operasi di seluruh Indonesia,” ungkapnya. 

Program Pijar Berdaya adalah program besar yang berkelanjutan yang berada di Desa Kramatinggil, Kab. Gresik. Penggerak utama dari program ini adalah ibu-ibu dari setiap RT yang ada. Bersama PJB UP Gresik, ibu-ibu penggerak program ini berhasil mengolah sampah plastik menjadi barang dengan nilai ekonomis dan mengajarkan siswa-siswi untuk peduli lingkungan sejak dini. Selain itu, melalui program ini juga berhasil mengembangkan usaha baru seperti budidaya ikan dan sayur dalam ember serta meningkatkan keterampilan menjahit bagi sebagian masyarakatnya. 

Program ini terbukti memiliki dampak sosial yang tinggi. Pasalnya, selain dapat merubah pola pikir masyarakat serta kebiasaan sebagian masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, melalui program ini juga berdampak ekonomi bagi ibu-ibu desa sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sebagai bagian dari PLN Group, PT PJB akan terus mendarmabaktikan pengabdiannya membangun masyarakat yang lebih sejahtera, lebih makmur serta tetap menjaga kelestarian lingkungan sesuai dengan visi Pemerintah membangun Indonesia Maju,” pungkas Gong. (her)