Sinergi dengan Pemkot Surabaya, PLN Amankan Saluran Listrik ke Madura

MUS • Tuesday, 7 Sep 2021 - 08:49 WIB

Surabaya – PLN melakukan langkah strategis melalui penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya sebagai upaya peningkatan keandalan dalam hal pengamanan bahaya kebakaran pada pembangunan saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 kV yang berada di jembatan Suramadu. Kesepakatan kerjasama diwujudkan melalui penandatangan MoU (Nota Kesepahaman) antara Walikota Surabaya, Eri Cahyadi dan General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bali Madura (UIT JBM), Suroso, di Balaikota Surabaya.

Disampaikan oleh Suroso bahwa sinergi ini penting dilakukan karena listrik adalah kebutuhan utama untuk kehidupan masyarakat. “Penambahan SKTT ini adalah hal penting karena kabel yang saat ini telah terpasang sejumlah 2 sirkit memiliki daya 300 MW, sedangkan kebutuhan di Madura telah mencapai 280 MW karena pertumbuhan listrik di Madura cukup signifikan” ungkap Suroso.

Lebih lanjut dipaparkan Suroso bahwa pelaksanaan kesepakatan kerjasama antara PLN dengan Pemerintah Kota Surabaya ini akan terus berlangsung selama SKTT 150 kV berada di jembatan Suramadu. “Hari ini ditandatangani MoU dengan Pemkot Surabaya untuk teknis operasional pengamanan bahaya kebakaran berupa penyediaan alat pemadam kebakaran, personel dan SOP untuk manajemen pemadam kebakaran pada kabel SKTT di jembatan Suramadu, sejak masa kontruksi hingga beroperasi”, terangnya.

Apresiasi positif disampaikan oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, pada audiensi manajemen PLN di wilayah Jawa Timur. Diungkapkan Eri bahwa support pasti akan diberikan Pemkot Surabaya pada tindakan PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik. “Kami pasti dukung setiap langkah PLN untuk membantu berputarnya perekonomian masyarakat”, ujar Eri.

Selanjutnya disampaikan oleh General Manager PLN UIP JBTB, Djarot Hutabri, bahwa tambahan konstruksi 2 sirkit nantinya berlangsung kurang lebih satu setengah tahun. “Konstruksi dimulai akhir tahun, dan dengan penambahan ini jumlahnya menjadi 4 sirkit dengan total 12 kabel pada SKTT 150 kV di jembatan Suramadu” jelas Djarot.

Nota kesepahaman ini nantinya akan ditindaklanjuti menjadi Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan PLN Grup Jawa Timur. SKTT 150 kV mengalirkan suplai listik dari Gardu Induk Kedinding ke Gardu Induk Bangkalan melalui Jembatan Suramadu untuk menjamin keandalan listrik di Pulau Madura mulai Bangkalan hingga Sumenep. (Her)