UKI Cetak Generasi Muda dengan Jiwa Kewirausahaan

ANP • Tuesday, 7 Sep 2021 - 18:02 WIB

Jakarta - Universitas Kristen Indonesia melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) T.A. 2021/2022 yang dilakukan secara daring selama dua hari, tanggal 6 – 7 September 2021,  dengan mengusung tema Let’s Conquer The World. 

Dalam rekaman pidato untuk mahasiswa baru di seluruh Indonesia, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, menjelaskan, “Menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan arah masa depan. Mendikbudristek memberikan hak kepada semua mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar di luar prodi nya atau di luar kampusnya selama tiga semester. Mahasiswa Indonesia bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengikuti program-program Kampus Merdeka.”

Menurut Mendikbudristek, keunggulan program kampus merdeka adalah mahasiswa tidak perlu mengorbankan masa studinya. “Kami menyediakan beasiswa gelar dan nongelar untuk mahasiswa aktif di seluruh Indonesia. Salah satunya beasiswa unggulan yang dapat diikuti mahasiswa baru yang masih duduk di semester 1,” ujarnya lagi.

Dalam Sidang Terbuka Senat, Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA menyematkan jaket almamater secara virtual kepada mahasiswa baru.

“Di era modern dan globalisasi, perlu kiranya perguruan tinggi lebih mengedepankan semangat jiwa wirausaha. Mahasiswa saat ini bukan hanya dituntut untuk bisa menjadi seorang akademisi atau praktisi profesinya saja, namun lebih dari itu, mahasiswa juga dituntut untuk bisa menjadi wirausahawan. UKI memberikan dukungan kepada mahasiswa agar menjadi lulusan yang kreatif, imajinatif, dan berani berisiko,” ujar Dr. Dhaniswara dalam orasi ilmiah yang berjudul ‘Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kewirausahaan di Indonesia sebagai Negara Hukum’.

Rektor UKI memberikan semangat kepada mahasiswa baru UKI, “Diperlukan adanya cetakan sarjana-sarjana berjiwa dan bersemangat wirausaha serta berwawasan ilmu pengetahuan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan, sekaligus mengurangi angka pengangguran," tegasnya.

“Program-program yang bernada entrepreneurial untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan tidak hanya dapat dikembangkan di program studi manajemen atau bisnis, namun dapat disematkan di program studi lainnya secara menyeluruh,” ujarnya.

Kampus UKI memberikan mata kuliah yang menimbulkan semangat kewirausahaan, dengan materi-materi yang tidak hanya menampilkan teori, namun juga praktik. Mahasiswa dituntut cerdas komprehensif dalam dunia kewirausahaan dan memiliki jiwa semangat entrepreneur yang bisa berpikir kritis dan kreatif, dengan emosi sosial yang seimbang.

Mahasiswa dibekali dengan keseimbangan kemampuan akademis, kemampuan bersikap dan kemampuan berkarya dalam rangka menuju pengembangan diri, baik sebagai wirausahawan baru yang profesional, mandiri, dan inovatif, serta sebagai alumni yang berwawasan kemandirian.

PKKMB UKI : Let’s Conquer The World. 

Panitia penyelenggara PKKMB Kampus UKI memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyampaikan materi pengenalan kampus berupa Virtual Tour Campus. Persiapan PKKMB UKI menjadi viral di TikTok dengan video Welcome to UKI yang diisi oleh mahasiswa baru. Tak kalah serunya adalah penampilan penyanyi Maria Simorangkir, yang merupakan mahasiswa  UKI.

Mahasiswa baru juga dibekali dengan pengetahuan tentang Bahaya Terorisme yang dibawakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen. Pol. Boy Rafli Amar dan materi Bela Negara oleh Direktur Bela Negara, Ditjen Pohan, Kementerian Pertahanan RI, Brigjen TNI Jubei Levianto.

Mahasiswa baru semakin terinspirasi oleh tayangan video Etika Bersosial Media yang dibawakan Yosi Mokalu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. “Ada lima etika dalam bersosial media, yaitu hati-hati dalam membagikan data pribadi kita, harus memiliki sikap kritis dan juga mau berpikir terhadap informasi yang diterima, menghargai ide dan karya orang lain dengan menulis sumber yang valid, perhatikan gaya bahasa dengan utamakan kesantunan, buat akun media sosial yang jelas dengan perjelas nama dan gambar akun,” ujar Yosi Mokalu.

Selamat datang mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, selamat bergabung dan menjadi bagian keluarga Sivitas Akademika UKI! Tayangan lengkap PKKMB UKI dapat dilihat di akun Youtube Official UKI Jakarta. (ANP)