Dukung Optimalisasi Pembangunan, Walkot Denpasar Gelar Rapat dengan KADIN

FAZ • Friday, 10 Sep 2021 - 11:42 WIB

Jakarta - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara secara resmi membuka rapat teknis partisipasi dunia usaha dalam pembangunan yang digelar secara virtual dari Kantor Walikota Denpasar, Kamis (09/09/2021). Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan kerjasama guna mendukung optimalisasi pembangunan di Kota Denpasar pada masa pandemi covid-19.

“Tujuan pertemuan kali adalah guna mendukung optimalisasi pembangunan di Kota Denpasar pada masa pandemi Covid-19. Rapat teknis ini dapat dimanfaatkan OPD di lingkungan Kota Denpasar untuk memahami prioritas pembangunan selama 5 tahun dan juga program strategis yang dapat dikolaborasikan dengan pelaku usaha di Kota Denpasar,” tutur I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kota Denpasar Tahun 2021-2026 telah ditetapkan. Dokumen tersebut secara otomatis menjadi acuan perencaaan pembangunan selama 5 tahun ke depan oleh semua stakeholder di Kota Denpasar.

“Pencapaian target-target yang ditetapkan pertahun menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga dapat terwujud Denpasar sebagai kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju,” papar Jaya Negara.

Pandemi Covid-19 yang mewabah hingga saat ini menjadi tantangan pembangunan di Kota Denpasar. Dimana, pandemi memberikan dampak terhadap Pendapatan Asli Derah (PAD). Oleh karena itu saat ini APBD Kota Denpasar difokuskan pada belanja penanganan Covid-19, pendidikan, kesehatan, sosial serta pemulihan ekonomi.

“Momentum ini merupakan awal yang baik guna menciptakan pembangunan Kota Denpasar yang berkelanjutan. Dari kondisi ini tentu kami memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk ikut berkontribusi dengan mengarahkan CSR digunakan sebagai alternatif guna mendukung pembangunan di Kota Denpasar,” ujarnya didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Dewa Gede Rai.

Jaya Negara yang didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Dewa Gede Rai menjamin bahwa Pemerintah Kota Denpasar akan berkomitmen pembangunan dan pembiayaan ini dilaksanakan dengan mengedepankan transparansi, afisiensi, dan tepat sasaran.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan kolaborasi yang telah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Denpasar. Saya optimis sinergitas yang sudah baik ini agar terus terjaga dan kita bersama akan mendukung pembangunan berkelanjutan dan berkemanfaatan,” ungkapnya

Tampak hadir secara virtual dalam kesempatan tersebut Kelompok Ahli Kota Denpasar, OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar, Wakil Ketua Kadin Kota Denpasar, Wayan Suananta Wijaya dan Dr. I Nyoman Subanda selaku narasumber.