Gemar Makan Gorengan? Begini Tips Sehatnya

MUS • Sunday, 12 Sep 2021 - 14:01 WIB

Gorengan juga bisa jadi makanan yang tak berbahaya. Hal ini tak lepas dari kandungan minyak berlebih pada gorengan yang dapat menjadi penyebab kolesterol hingga obesitas. Namun, tak perlu khawatir, hal itu dapat diatasi dengan cara mengolah gorengan dengan baik dan mengatur porsi makan dengan tepat, termasuk dengan menggunakan Sasa Tepung Bumbu Bervitamin. Berikut ini beberapa cara agar tetap sehat meski gemar makan gorengan.

1. Membatasi Porsinya Hal paling penting untuk menghindari dampak negatif dari gorengan adalah dengan membatasi porsinya. Meskipun tubuh membutuhkan asupan lemak, tetapi gorengan mengandung lemak dan kolesterol yang terlalu tinggi.

2. Memakai Minyak yang Baru Untuk membuat gorengan yang lebih sehat, pastikan menggunakan minyak baru. Minyak ini juga hanya dipakai untuk dua kali proses penggorengan. Anda juga bisa menggunakan minyak yang sehat, seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil. Minyak yang berwarna gelap bahkan hingga hitam menandakan minyak sudah jenuh sehingga berubah menjadi karsinogenik yang menumpuk zat kolesterol jahat. Ketika minyak ini dikonsumsi secara terus menerus maka akan timbul berbagai masalah kesehatan mulai dari kolesterol hingga kanker.

3. Tidak Langsung Dimakan Usai dimasak, gorengan jangan langsung dimakan. Anda harus meniriskannya dahulu dengan benar agar kandungan minyaknya berkurang. Jika perlu, manfaatkan tisu dapur yang mampu menyerap minyak lebih banyak. Dengan cara ini, minyak goreng yang Anda konsumsi jadi lebih sedikit.

4. Membuat Gorengan Sendiri Saat membuat gorengan sendiri, kamu bisa mengetahui kualitas bahan dan minyak yang digunakan sebagai bahan baku. Hal ini tentu berbeda saat kamu membeli gorengan di kaki lima yang kerap menggunakan minyak yang sudah berulang kali dipakai. Saat membuat gorengan sendiri di rumah, kamu juga bisa memastikan proses pembuatanya lebih terjamin. Misalnya dalam proses penggorengan, cara menggoreng yang tepat adalah menunggu suhu minyak benar-benar panas sebelum memasukkan adonan. Dengan demikian, gorengan tidak akan menyerap banyak minyak. Selain itu, dengan membuat gorengan sendiri, kamu bisa berkreasi untuk memasak berbagai jenis gorengan yang disukai.

5. Pakai Sasa Tepung Bumbu Bervitamin Selain itu, cara menyiasati untuk makan gorengan sehat dan enak ialah dengan menggunakan Sasa Tepung Bumbu Bervitamin. Sasa Tepung Bumbu berinovasi, sehingga makan gorengan menjadi menyehatkan yaitu. Hal ini tak lain karena adanya vitamin dan mineral (fortifikasi) yaitu Zink, Zat Besi, Vitamin B2 & B9, dan Serat Pangan di dalamnya. Seperti diketahui, fortifikasi vitamin dan mineral juga penting bagi imunitas tubuh terutama di masa pandemi ini. Sasa Tepung Bumbu Bervitamin merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia tepung bumbu bervitamin. Teknologi Sasa Platinum Care+ menjaga kandungan vitamin dan mineral tidak hilang setelah proses penggorengan. Hal ini membuat gorengan jadi lebih sehat dan bernutrisi.