Binus Business School, Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia Versi QS Global MBA Rankings 2022

MUS • Monday, 13 Sep 2021 - 12:09 WIB

Jakarta - Lembaga pemeringkatan universitas dunia, Quacquarelli Symonds (QS), telah resmi merilis hasil pemeringkatan QS MBA Global Rankings untuk tahun 2022 pada Kamis, 9 September 2021. Untuk pertama kalinya, program studi Magister Manajemen Binus University Business School (Binus Business School) mengikuti program pemeringkatan tingkat internasional ini dan mendapatkan hasil yang sangat membanggakan. Pencapaian ini membuktikan bahwa Binus Business School memiliki program studi Magister Manajemen (MM) yang unggul di Indonesia dan dapat disandingkan dengan program studi MBA dari universitas-universitas terbaik lainnya di dunia.

BINUS Business School dalam Komunitas Sekolah Bisnis Terbaik Dunia

QS Global MBA Rankings 2022 merupakan salah satu bagian dari program QS World University Rankings (WUR) yang diadakan oleh Quacquarelli Symonds. Setiap tahun, QS WUR merilis daftar program studi MBA terbaik di dunia. Tahun ini, ratusan program studi MBA dari 45 negara terpilih untuk mengikuti proses pemeringkatan QS Global MBA Rankings 2022.

“Pencapaian sebagai Top 250 QS Global MBA Rankings 2022 ini merupakan salah satu tonggak sejarah perjalanan Binus Business School dalam menyelenggarakan pendidikan manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. Sebagai sekolah bisnis yang telah mendapatkan akreditasi internasional dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), Binus Business School selalu terus berinovasi dalam mempersiapkan mahasiswanya agar menjadi lulusan yang sukses di dunia bisnis baik sebagai profesional maupun sebagai pengusaha,” tutur Direktur Binus Business School, Dezie Leonarda Warganegara.

Dari program studi MBA seluruh dunia, program studi Magister Manajemen Binus Business School berhasil menempati peringkat 201-250. Berdasarkan hasil penilaian QS Global MBA Rankings 2022, Binus Business School secara global berada di posisi 70% teratas dunia dan 75% teratas Asia. Di peringkat yang sama (#201-250), terdapat juga Universitas Gadjah Mada (UGM). Sehingga ini menjadikan Binus Business School dan UGM sebagai dua program studi MBA terbaik di Indonesia versi QS Global MBA Rankings 2022.

Penilaian Pemeringkatan Berdasarkan 5 Aspek Utama

Metodologi pemeringkatan QS Global MBA Rankings 2022 dilakukan berdasarkan lima indikator, yaitu Class and Faculty Diversity, Employability, Entrepreneurship and Alumni Outcome, Return on Investment, serta Thought Leadership. Program studi Magister Manajemen Binus Business School berhasil mendapatkan peringkat 41 pada aspek Class and Faculty Diversity.

Terkait keempat aspek lainnya, Binus Business School berhasil mendapatkan peringkat 201-250 untuk Employability; 121-130 untuk Entrepreneurship and Alumni Outcome; 251+ untuk Return on Investment; serta 201-250 untuk Thought Leadership.

“Seluruh sivitas akademika Binus Business School dan Binus University turut terlibat dalam persiapan penilaian QS Global MBA Rankings 2022 tersebut. Pencapaian Binus Business Schooldi QS Global MBA Rankings 2022 pun bukan hanya menjadi kebanggaan tapi juga penghargaan terhadap program studi Magister Manajemen dan komunitas akademis Binus University secara keseluruhan,” ujar Dekan Binus Business School Master’s Program, Rini Setiowati.

Membuka Lebih Banyak Peluang Kerja Sama dengan Universitas Terkemuka

Pencapaian dalam meraih peringkat QS Global MBA Rankings 2022 sangat mendukung visi Binus Business School, yakni menjadi sekolah bisnis berkelas dunia yang membina dan memberdayakan masyarakat demi melayani dan membangun negeri dengan mengedepankan inovasi di bidang pendidikan bisnis. Masih banyak inovasi yang ingin dikembangkan oleh Binus Business School. 

Semua ini tidak terlepas dari peran Binus Global yang turut mendampingi selama proses penilaian QS Global MBA Rankings 2022 berlangsung. Binus Global adalah departemen di Binus University yang fokus pada perancangan dan eksekusi strategi internasional universitas, termasuk menjalin kerja sama aktif dengan rekanan eksternal dari seluruh dunia. 

Salah satu program studi Binus Business School dapat masuk dalam daftar Top 250 QS Global MBA Rankings 2022 tentu diharapkan membuka lebih banyak peluang untuk menciptakan inovasi-inovasi lain ke depannya.

“Binus Business School telah diakui menjadi sekolah bisnis yang tidak hanya unggul di Indonesia, tapi juga dunia. Kesempatan untuk bekerja sama dengan sekolah-sekolah bisnis terkemuka di dunia dan perusahaan-perusahaan global pun akan semakin terbuka lebar. Hal ini dapat menciptakan kesempatan yang lebih besar bagi mahasiswa Binus Business School untuk mempersiapkan dirinya menjadi lulusan yang unggul dari sekolah bisnis kelas dunia,” kata Direktur Binus Global, Diah Wihardini.

Pencapaian dalam QS Global MBA Rankings 2022, akan dijadikan Binus Business School sebagai acuan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang membuka ruang bagi seluruh sivitas akademika untuk berinovasi dalam berkarya.

“Melalui perolehan peringkat di QS 2022 MBA Global Rankings, harapannya hal ini dapat menjadi acuan bagi Binus Business School untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang membuka ruang bagi seluruh sivitas akademika untuk berinovasi dalam berkarya,” pungkas Rektor Binus University, Harjanto Prabowo.