Menkes Sebut 3.000-an Orang Positif Covid-19 Masih Jalan-jalan ke Mal

MUS • Monday, 13 Sep 2021 - 14:18 WIB

Jakarta - Menteri Kesehatan ( Menkes ) Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa masih ada 3.830 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,  tapi masih jalan-jalan ke tempat umum. Hal ini terdeteksi di aplikasi PeduliLindungi.

"Ini contoh implementasinya (PeduliLindungi) yang sudah lumayan masif, karena sejak diluncurkan baru sebulan sudah ada 29 juta yang melakukan cek in dengan PeduliLindungi. Kita bisa lihat surprisingly (mengagetkan) tetep aja ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam, hitam itu artinya positif Covid tapi masih jalan-jalan," kata Budi dalam Rapat Kerja (Raker) di Komisi IX DPR secara virtual, Senin (13/9/2021).

Budi melanjutkan, dari data yang ia miliki, orang positif COVID-19 masuk mal sekitar 3.000-an, masuk ke bandara 43 orang, naik kereta 63 orang, dan masuk restoran 55 orang.

"Padahal orang-orang ini adalah orang-orang yang sudah teridentifikasi positif Covid yang harusnya stay di rumah atau isolasi terpusat," kata mantan Wakil Menteri BUMN ini.

Dengan aplikasi PeduliLindungi, Budi menambahkan, pemerintah bisa melacak orang-orang yang positif dan segera diambil tindakan untuk melakukan isolasi. "Dengan demikian kita bisa melacak mereka dan memastikan mereka segera kita ambil untuk kita lakukan isolasi," ujar Budi.