PMI DKI Laporkan Penebar Hoax Flyer Duka Cita megawati

MUS • Tuesday, 14 Sep 2021 - 13:35 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta melaporkan pembuat hoax ke Polda Metro Jaya. Berita bohong yang dimaksud seperti yang diposting akun media sosial Instagram Reels@_genocide.anon3 yang menggunakan flyer ucapan duka cita dengan gambar mirip Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri pada 9 September 2021 lalu.

Laporan didaftarkan hari ini dengan kelengkapan bukti-bukti berupa screenshoot gambar, kronologis kejadian, dan bukti lainnya. Laporan atas dasar Pasal 27 ayat 3 dan atau Pasal 28 ayat 2 Undang-undang RI No 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Kami melaporkan berita bohong, fitnah, dan atau hoax yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab terkait dengan beredarnya flyer ucapan duka cita yang merupakan desain resmi PMI DKI Jakarta terdapat gambar mirip tokoh nasional," ungkap Arief Rachman, Sekretaris Pengurus PMI DKI Jakarta di Mapolda Metro jaya, Selasa (14/9/2021).

Menurut Arief, beredarnya flyer tersebut sangat merugikan PMI DKI Jakarta sebagai organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan menjunjung tinggi netralitas serta selalu ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan di Indonesia.

"Semua komponen PMI DKI Jakarta merasa tercederai dengan perbuatan yang tidak bertanggung jawab itu dan pelaporan ini dilakukan berdasarkan desakan oleh seluruh unsur di PMI DKI Jakarta dari pengurus, pegawai, hingga para relawan," terang Arief.

PMI DKI Jakarta, sambung Arief, meyakini perlu adanya pelaporan kepada pihak berwajib terkait masalah tersebut. Pasalnya, unggahan flyer itu tersebar sedemikian rupa dan viral sehingga berpotensi merusak citra PMI secara nasional.

"Jadi, untuk memastikan bahwa tindakan itu tidak benar dan merugikan, Kami perlu mengklarifikasi dengan mengambil langkah hukum," tegas Arief Rachman.