Beri Sambutan pada Kegiatan PKKMB Unkris, Ini Pesan Menteri Nadiem untuk Mahasiswa

ANP • Tuesday, 14 Sep 2021 - 21:39 WIB

JAKARTA – Universitas Krisnadwipayana (Unkris) gelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari yakni 6-10 September 2021 tersebut dilakukan secara virtual di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Dalam sesi pembukaan PKKMB, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh mahasiswa untuk ambil bagian dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) yang digagas oleh Kemendikbudristek. Program tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi maupun kampusnya selama 3 semester.

“Kemendikbudristek memberikan hak dan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk belajar baik di luar prodinya maupun di luar kampusnya selama tiga semester. Silakan para mahasiswa untuk mengikuti program ini,” ujar Menteri Nadiem.

Tayangan video Menteri Nadiem tersebut disambut antusias oleh lebih dari 1200 mahasiswa baru Unkris yang mengikuti PKKMB tahun ajaran 2021-2022. Ikut hadir secara virtual Rektor Unkris, anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah, para wakil rektor, para dekan, dosen dan ketua lembaga yang ada di lingkungan Unkris.

Menteri Nadiem menjelaskan banyak program yang bisa diikuti oleh mahasiswa melalui MB-KM tersebut. Mulai dari magang di perusahaan atau organisasi-organisasi sosial, membangun desa, melakukan riset dan mengerjakan proyek kemanusiaan. Selain itu, mahasiswa dapat merancang dan merintis wirausaha, melakukan pertukaran di dalam maupun luar negeri atau mengajar di sekolah SD dan SMP melalui program Kampus Mengajar.

“Semua program ini kami rangcang untuk memberikan peluang kepada mahasiswa dengan keragaman minat dan ketertarikan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang tidak didapatkan dalam kelas. Pengalaman-pengalaman itu akan menjadi kendaraan dan bekal kalian untuk meraih mimpi masa depan,” lanjut Nadiem.

Keunggulan dari program Kampus Merdeka jelas Nadiem adalah mahasiswa tidak perlu mengorbankan masa studinya.

“Kami mewajibkan perguruan tinggi untuk menerapkan transfer kredit dengan hitungan 20 SKS untuk setiap program Kampus Merdeka,” papar Nadiem Makarim.



Dalam kesempatan yang sama Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SIP, CIQaR menyampaikan ucapan selamat bergabung ke kampus legendaris bagi mahasiswa baru. “Unkris merupakan salah satu kampus yang banyak melahirkan tokoh yang berkiprah baik ditingkat nasional maupun internasional. Sudah sepatutnya kalau kalian bangga bergabung menjadi mahasiswa Unkris,” tutur Rektor.

Menurutnya, kebanggaan tersebut sangat beralasan. Sebab alumni Unkris telah banyak berkiprah dan mewarnai mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara Republik Indonesia baik itu tokoh dibidang hukum, ekonomi, politik dan bidang lainnya.

Rektor juga mengingatkan pentingnya para mahasiswa baru untuk segera beradaptasi dengan lingkungan baru di kampus. Adaptasi tersebut meliputi adaptasi model pembelajaran, adaptasi dengan lingkungan, dan adaptasi mengelola diri (manajemen diri). Tiga hal tersebut menjadi kunci sukses untuk sukses menempuh studi dijenjang perguruan tinggi.

“Jika kalian saat masih jadi siswa SMA banyak disuapi oleh guru dalam hal materi pelajaran, maka setelah jadi mahasiswa, harus dapat mandiri, harus pandai mengelola waktu, memenej diri sendiri. Kalian juga harus pandai memilih teman, karena teman akan ikut membentuk karakter kalian,” jelas Rektor.

Dalam kesempatan tersebut anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah yang juga alumni Fakultas Ekonomi Unkris membagikan tips untuk menjadi orang yang sukses. Diantaranya adalah pertama selalu responsive dan bukan reaktif. Responsif ini bisa dengan cara menunjukkan kemampuan diri. Kedua, mahasiswa harus mampu mengeksplorasi hal-hal baru, termasuk pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Ketiga, mahasiswa lanjut Ferdiansyah harus selalu memiliki dan menjaga komitmen, selalu fokus pada apa yang dikerjakan, memiliki semangat untuk mengeksekusi apa yang direncanakan.

Wakil Rektor III Unkris Dr. Parbuntian Sinaga SH, MH mengatakan meski kegiatan PPKMB dilaksanakan secara virtual, tetapi semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Mahasiswa baru yang tercatat lebih dari 1.200 orang mengikuti rangkaian kegiatan PPKMB yang digelar sejak tanggal 6 hingga 10 September 2021. Dalam kegiatan PPKMB, Unkris juga menggelar Webinar yang ditujukan bagi mahasiswa baru yakni Webinar Kebangsaan dan Webinar Kewirausahaan.

Selain itu, mahasiswa baru mendapatkan informasi lengkap terkait kampus, fasilitas kampus, jajaran pimpinan Unkris, tata tertib perkuliahan, hingga unit kegiatan mahasiswa yang bisa diikuti di Unkris.

“Selanjutnya setelah PKKMB tingkat universitas, akan dilanjutkan ditingkat fakultas,” tandasnya. (ANP)