Tempat Wisata Mulai Dibuka, Pemprov DKI: Kami Terus Lakukan Monitoring

FAZ • Saturday, 18 Sep 2021 - 18:55 WIB

Jakarta - DKI Jakarta telah menurunkan PPKM menjadi level 3 sejak beberapa hari lalu. Banyak tempat hiburan dan rekreasi sudah mulai beroperasi.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengatakan, Pemprov DKI secara rutin melakukan monitoring langsung ke lokasi-lokasi wisata dan hiburan yang telah mulai beroperasi.

"Kami bersama jajaran di Pemprov DKI ada Satpol PP dan ada bantuan juga dari Polda Metro kita secara rutin melakukan monitoring langsung ke Ancol, Taman Mini, Mall hingga ke bioskop. Kami juga memeriksa protokol kesehatan dan penerapan aplikasi Peduli Lindungi,” kata Gumilar kepada Radio MNC Trijaya dalam program Trijaya Hot Topic Pagi, Jumat (17/09/2021).

Gumilar juga menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dan meminta kepada pengelola untuk membentuk Satgas internal Covid-19. Satgas tersebut wajib dibentuk agar bisa memberikan laporan secara rutin kepada Pemprov DKI hasil dari monitoring tim Satgas internal tersebut.

“Apabila ada yang kurang atau permasalahan pada prokesnya nanti kami yang tindaklanjuti,” tambah Gumilar.

Sejauh ini pihak Disparekraf juga telah melakukan peninjuan langsung terhadap tempat-tempat yang sudah mulai beroperasi.

“Sebelum tempat wisata di DKI dibuka, tentu mereka harus memenuhi ketentuan yang ada. Kami di Pemprov DKI ada tim penilai yang akan melakukan assessment dan peninjauan langsung terhadap permohonan dari tempat wisata yang akan buka” ucap Gumilar.

Terkait dengan pembukaan bioskop yang telah berlangsung, Gumilar menambahkan protokol di bioskop merupakan yang paling disiplin.

“Seluruh bioskop di DKI Jakarta telah terintegrasi dengan Peduli Lindungi dan merupakan yang paling tertib,” tutup Gumilar. (EVIN)