Teluk Love, Wisata Bernuansa Asmara di Kota Jember

MUS • Sunday, 19 Sep 2021 - 20:42 WIB

Jember - Selain panorama alam pegunungan, kabupaten Jember Jawa Timur juga memiliki sejumlah pantai yang indah, salah satunya Pantai Payangan, sebagai salah satu destinasi pilihan yang bertempat di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Jember. 

Jarak tempuh dari Kota Jember sampai ke Pantai Payangan sekitar 38 km dengan waktu tempuh perjalanan 1 jam. Tiket masuk ke Pantai Payangan hanya ditarif 5.000 rupiah per orang. 

Tak hanya memiliki keindahan pantai di pesisir selatannya, Pantai Payangan juga dikenal sebagai pantai romantis. Karena di sisi pesisir selatan terdapat teluk yang berbentuk hati. Maka tak jarang juga disebut sebagai Teluk Love. 

Untuk melihat Teluk Love secara jelas, pengunjung harus mendaki ke bukit kecil yang bernama Bukit Suroyo. Butuh sekitar 15 – 20 menit untuk mendaki sampai puncak bukit tersebut. Selama perjalanan ke puncak bukit, kita dapat menikmati hembusan angin segar pantai dan melihat hamparan ilalang hijau serta pemandangan pantai dari tepi bukit.

Menurut salah seorang warga lokal, Rauf, Pantai Payangan dulunya hanya pantai biasa yang menjadi tempat pembuangan kotoran.

“Sepengetahuan saya, dulunya, pantai ini hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan kotoran (tinja) oleh warga sekitar. Namun, tidak disangka, saat ini menjadi wisata alam yang sangat indah di Jember bahkan Jawa Timur,” jelasnya.

Saat sampai di puncak, pengunjung juga dapat menikmati peninggalan sejarah yakni Gua Jepang. Konon gua tersebut dijadikan tempat perlindungan penjajah Jepang karena dinilai sangat strategis dan tersembunyi.

Dari puncak Bukit Suroyo kita dapat menikmati Teluk Love ibarat hati raksasa yang berada di tepi laut. Selain dapat melihat Teluk Love pengunjung dapat melihat pemandangan yang lainnya seperti Pantai Pasir Putih Papuma, Pantai Watu Ulo, dan Pulau Nusa Barong.

Sementara itu, Lidya, pengunjung dari Jakarta mengaku kagum dengan keindahan wisata yang luar biasa ini.

“Awalnya, saat baru turun dari mobil melihat pantai ini seperti pantai pada umumnya. Tapi setelah mendaki ke bukit sampai puncak, ternyata Jember menyimpan panorama yang sangat luar biasa salah satunya Teluk Love,” tuturnya,

Bagi pengunjung yang ingin berekreasi bersama keluarganya tempat ini sangat recommended untuk dijadikan pilihan. Di sekitar pantai banyak spot foto yang bernuansa modern namun memanfaatkan alat-alat tradisional.