Forum Kesehatan SehatQ dan Cara-cara Tepis Hoaks

ANP • Wednesday, 22 Sep 2021 - 15:11 WIB

JAKARTA - Suka kesal tidak kalau tiba-tiba Anda mendengar berita yang tadinya Anda cukup percaya, ternyata setelah coba diperiksa dan dipraktikkan, berita tersebut hanya hoaks alias tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kenyataannya, masih banyak orang Indonesia yang mudah termakan hoaks dan justru gemar membagikannya ke orang lain, khususnya ke area keluarga dan orang-orang terdekat.

Padahal, hoaks yang disebarkan bisa membawa ketakutan atau risiko karena ketidakbenaran berita. Apalagi kalau sudah menyangkut soal kesehatan, berita-berita hoaks bisa berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain jika dipraktikkan. Karena itulah, daripada mempercaya hoaks, lebih baik memakai fitur Forum Kesehatan di SehatQ untuk menjawab keraguan dan kebingungan Anda terkait kondisi kesehatan tertentu.

Menggunakan fitur Forum Kesehatan di SehatQ hanya salah satu cara untuk menepis hoaks. Selain itu, masih banyak cara lain yan dapat Anda praktikkan untuk bisa menangkal berita palsu, khususnya terkait masalah kesehatan, apalagi yang menyangkut diri Anda sendiri dan keluarga. Berikut ini pilihan caranya.

Jangan Mudah Percaya

Berita soal apapun, tidak terkecuali soal kesehatan, bisa menyebar lewat manapun. Bahkan, Anda mungkin akan sering mendapat berita yang berseliweran di grup media komunikasi keluarga ataupun media sosial Anda. Jangan lantas percaya karena bisa saja berita-berita yang Anda terima lewat penyebaran tersebut adalah berita palsu. Apalagi soal berita fakta atau tips kesehatan, Anda harus mengujinya lebih dahulu dan jangan langsung percaya karena bisa jadi berita yang adalah hoaks tersebut bisa menimbukan masalah lain yang berdampak pada kesehatan Anda jika dicoba.

Cermati Sumber Berita

Sebaiknya Anda langsung melihat sumber berita dari informasi yang Anda terima. Jika sumber beritanya tidak jelas atau hanya dari omongan orang, anggap langsung informasi tersebut adalah hoaks. Namun  jika mengarah pada situs tertentu, Anda juga harus mengecek keabsahan situsnya dan rekam jejaknya, apakah selama ini terpercaya atau tidak.

Cari Literatur Terpercaya

Kalau Anda suka membaca, sebenarnya tidak sulit untuk menepis berita hoaks. Anda cukup mencari literatur-literatur terpercaya yang suda diakui untuk melihat kebenaran berita. Beberapa sumber literatur terpercaya yang dapat adalah buku-buku yang telah diterbitkan penebit mayor ataupun jurnal-jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan lewat sejumlah penelitian dan disahkan. Mengikuti akun-akun resmi, seperti akun rumah sakit ataupun pemerintah, juga bisa menjadi cara menangkal hoaks.

Diskusi di Forum Kesehatan

Berdiskus untuk membicarakan hoaks atau tidaknya suatu informasi akan sangat berguna, loh. Lewat diskusi pula, Anda bisa mendapatkan pencerahan terkait kebingungan Anda akan suatu informasi. Untuk informasi kesehatan, Anda bisa berdikusi di Forum Kesehatan SehatQ. Bukan hanya mampu berdikusi dengan orang-orang yang sepengalaman, Forum Kesehatan SehatQ juga menyediakan wadah tanya jawab terkait masalah kesehatan Anda yang bersifat general. Penjawabnya juga berasal dari tim dokter SehatQ yang sudah terpercaya.

Berkonsultasi ke Dokter

Jika memang masalah kesehatan Anda cukup serius, jangan mengandalkan mencari informasi di media sosial atau internet untuk mencari jalan keluarnya. Anda sebaiknya langsung datang ke dokter untuk bisa berkonsultasi secara tata muka agar semua keluhan Anda bisa dijawab sesuai kebutuhan. Tidak bisa dimungkiri, Anda mungkin agak enggan berkunjung ke dokter atau fasilitas kesehatan pada saat masa pandemi ini. Jika iya, Anda dapat memanfaatkan fitur Chat Dokter dan melakukan konsultasi secara telemedicine. Tentu cara ini lebih terpercaya dan terjamin daripada Anda hanya mengandalkan informasi yang berseliweran di media sosial.

Jadi, jangan ragu gunakan fasilitas yang bisa memberi Anda informasi yang tepat untuk berbagai masalah kesehatan Anda. Aplikasi konsultasi kesehatan online SehatQ menyediakan beragam wadah informasi kesehatan yang Anda butuhkan, mulai dari Forum Kesehatan, artikel-artikel kesehatan yang terpercaya, sampai fasilitas telemedicine melalui fitur Chat Dokter. Tunggu apa lagi? (ANP)